SEA V League 2024: 2 Penyebab Kekalahan Timnas Voli Putra Indonesia dari Thailand

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Timnas voli putra Indonesia kandas menjadi juara pada SEA V League 2024 putaran kedua. Sebab, Dio Zulfikri dan kolega takluk dari Thailand 1-3 (20-25, 24-26, 25-22, 26-28) pada laga penutup di GOR UNY Yogyakarta, Minggu (25/8) malam.

Dengan kekalahan tersebut, timnas voli putra Indonesia hanya menempati ranking kedua SEA V League 2024 putaran kedua. Hasil ini seperti prestasi pada putaran pertama nan berjalan di Manila, Filipina, dua pekan lalu.

Sementara Thailand kembali merebut gelar juara. Kissada Nilsawai dan kawan-kawan pada putaran pertama juga meraih gelar juara.

Dalam dua putaran SEA V League tahun ini, Thailand tidak terlalahkan dalam enam laga. Tak hanya itu, tim didikan Park Ki Won ini juga hanya kehilangan satu set, ialah melawan Indonesia di Yogyakarta.

Melawan Thailand, timnas voli putra Indonesia tertinggal dua set terlebih dulu dari Thailand. Set pertama, Dio Zulfikri dan kawan-kawan tak bisa melakukan banyak dan takluk 20-25 di set pertama.

Pada set kedua, Indonesia tertinggal jauh dari Thailand dengan skor 10-16. Namun, secara perlahan bisa menyusul apalagi sempat unggul 24-21.

Tetapi, Thailand bisa mengejar dan memaksa deuce 24-24. Bahkan, Napadet Bhinijdee dan kolega mampumenyelesaikan set kedua dengan skor 26-24.

Set ketiga Indonesia bangkit dan bisa menyelesaikan dengan kemenangan 25-22. Sementara di set empat, kedua tim saling kejar mengejar angka. Indonesia sempat memimpin dengan 18-16.

Thailand bisa mengejar dan membalikkan skor menjadi 24-22. Indonesia bisa menyamakan 24-24 dan setelah dua kali deuce, Thailand akhirnya nan menang dengan skor 26-28.

Usai laga, asisten pembimbing timnas voli putra Indonesia Anwar Sadat mengungkapkan penyebab kekalahan Fahri Septian dan kawan-kawan dati Thailand. Salah satunya adalah receave alias penerimaan bola pertama.

"Karena, receave error membikin kita susah dalam melakukan serangan pada set pertama," kata Sadat setelah laga.

Selain itu, dia juga mengatakan aspek lain kenapa timnas voli putra Indonesia kandas merebut set kedua meski sudah unggul 24-21 dari Thailand. "Sepertinya mereka kelelahan, sehingga kita sudah unggul bisa dikejar," tuturnya.

Sadat mengaku timnas voli putra Indonesia sudah kudu dievaluasi untuk menghadapi pertandingan ke depan jika mau ada perbaikan. 

Timnas voli putra Indonesia sukses membungkam tim putra Vietnam pada laga kedua Seri 1 Sea V League 2023. Indonesia menang tiga set langsung.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga