Saling Bantah Anindya-Arsjad soal Kursi Ketua Kadin Indonesia

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia nan baru saja digelar menyisakan tindakan saling bantah antara Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid soal bangku ketua umum.

Anindya Bakrie ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9) lalu.

Anindya terpilih dalam Munaslub nan dihadiri 28 dari 34 Kadin provinsi dan 25 asosiasi. Ia menggantikan Arsjad Rasjid nan sejatinya menjabat sebagai ketua umum Kadin periode 2021-2026.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anindya pun membantah Munaslub itu bermaksud mengkudeta Arsjad Rasjid dari bangku Ketua Umum. Ia menyatakan Munaslub merupakan inisiatif Kadin Daerah dan Anggota Luar Biasa (ALB).

"Kami sampaikan semua nan dilakukan itu sesuai dengan AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga)," kata Anindya di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Minggu (15/9).

Anindya mengatakan hanya ada satu Kadin saat ini maupun ke depannya. Setelah ditunjuk sebagai ketua umum Kadin 2024-2029, Anindya menyebut dirinya bakal terbuka bagi seluruh pihak.

Ia pun mengatakan Kadin adalah satu-satunya wadah bagi bumi upaya nan diatur dalam Undang-undang (UU). Kadin, imbuhnya, bakal memikirkan gimana agar program Presiden Jokowi bisa dilanjutkan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Supaya Pak Prabowo dan Mas Gibran bisa sukses mencapai sasaran APBN, apalagi lebih. Jadi itu lah konsentrasi kami," ujarnya.

Sementara itu, Arsjad mengatakan Munaslub nan menetapkan Anindya sebagai ketua umum Kadin baru tidak sah namalain ilegal. Pasalnya, munaslub itu melanggar AD/ART dan ditolak oleh 21 Kadin Provinsi.

Arsjad pun bakal menginvestigasi dugaan pelanggaran AD/ART dalam penyelenggaraan Munaslub nan menetapkan Anindya Bakrie sebagai ketua umum baru organisasi pengusaha itu.

Ia percaya bakal menemukan bukti keterlibatan perseorangan alias golongan di internal Kadin nan terlibat dalam persiapan Munaslub.

"Dari hasil penyelidikan, kami percaya bakal terungkap bukti sah dalam corak arsip dan surat mengenai persiapan Munaslub nan menunjukkan keterlibatan perseorangan dan alias golongan dalam lingkup Kadin Indonesia," katanya dalam konvensi pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Minggu (15/9).

Arsjad kemudian mengimbau seluruh pengurus dan personil Kadin untuk tetap solid, tegak lurus menaati UU dan patokan hukum.

Ia juga menegaskan hanya ada satu Kadin Indonesia melalui Undang-Undang 1 Tahun 1978 tentang Kadin Indonesia dan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2022.

"Oleh lantaran itu, segala corak aktivitas Kadin Indonesia, termasuk penyelenggaraan munaslub kudu tunduk dan alim kepada ketentuan UU dan mandat AD/ART," ujarnya.

(khr/pua)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com