PSSI Cetuskan 3 Terobosan dalam Kongres: dari Liga 4 hingga Liga Perempuan yang Bergulir Selambat-lambatnya 2026

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia baru saja menggelar kongres di area Jakarta Pusat pada Senin (10/6/2024) siang WIB. Sejumlah terobosan baru dihadirkan, termasuk soal rencana pengadaan Liga 4 hingga waktu bergulirnya kejuaraan sepak bola wanita dalam negeri.

Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memang punya ambisi tinggi dalam memajukan liga Tanah Air. Pria nan juga merangkap sebagai Menteri BUMN itu mau melakukan transformasi kejuaraan sepak bola nasional lantaran Liga Indonesia saat ini tetap ada di ranking bawah.

Tercatat, liga dalam negeri hanya menduduki ranking 28 di Asia. Sementara itu unik area Asia Tenggara, Merah Putih bertengger di urutan 6 namalain tetap berada di bawah Filipina.

Alhasil demi mendongkrak situasi tersebut, Ketum PSSI menilai perlu adanya terobosan berupa penyelenggaraan Liga 4. Kompetisi itu selanjutnya bakal dijadikan opsi untuk mencari bibit-bibit terbaik baru bagi sepak bola Indonesia.

"Kita berambisi juga liga kita bisa bertransformasi. Tidak mungkin negara sebesar ini ranking (liganya) 28 di Asia dan 6 ASEAN (Asia Tenggara) di bawah Filipina," ucap Erick Thohir dalam sambutan di Kongres PSSI pada Senin (10/6/2024).

"Kita konsentrasi coba sorong ke Liga 4, Liga 3, dan Liga 1-nya juga kudu bertransformasi, kudu kita progres untuk tahun ini, dengan segala kerendahan hati. Ini bisa didukung oleh seluruh stakeholder lantaran kami punya niat baik."

"Ketika timnas lebih berprestasi, klub juga kudu profesional, suporter kudu pulang ke rumah dengan selamat. Saya minta sekali lagi, kita lakukan terus terobosan. nan ketinggalan, minta maaf. Kita jalan terus seperti kereta cepat, aman, nyaman, sigap sampai tujuan dengan hasil nan baik," sambung Ketum PSSI.

Berita video Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merasa terharu ketika para pemain naturalisasi mau memihak Timnas Indonesia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga