Poster Kabag Kesra seliweran di jalan, KPU KBB peringati ASN nyalon Bupati harus mundur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman (foto: Abdul Kholilulloh/ilustrasi)

Bandung Barat | SekitarKita.id,-  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman, memberikan peringatan keras kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa (Kades) nan mencalonkan diri sebagai kepala wilayah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Menurut Ripqi, Undang-Undang 10/2016 Pasal 9 menegaskan bahwa ASN wajib mengundurkan diri dari jabatannya jika mau mencalonkan diri sebagai bupati alias wakil bupati.

“Bagi ASN, pengunduran diri kudu dilampirkan dengan bukti resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), sementara Kades cukup dengan Surat Keputusan (SK) dari dinas terkait. Dokumen-dokumen ini kudu diserahkan ke Kantor KPU pada Agustus 2024 antara tanggal 27 hingga 29,” ungkap Ripqi dalam keterangan kepada media, Senin (22/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 Abdul Kholilulloh/ilustrasi)Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman (foto: Abdul Kholilulloh/ilustrasi)

Meski pengunduran diri merupakan salah satu syarat administratif, Ripqi menegaskan bahwa perihal ini tidak menjamin langsung lolosnya calon tersebut sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup). Proses verifikasi manajemen (Vermin) dan verifikasi aktual (Verfak) tetap kudu dilalui untuk menilai kepatuhan terhadap persyaratan nan ditetapkan.

“Pada tahapan Vermin, bakal terlihat apakah calon memenuhi persyaratan administratif alias tidak. Jika tidak memenuhi, manajemen pendaftaran bisa dikembalikan oleh KPU,” jelasnya.

Ripqi juga mengingatkan kepada ASN nan tidak mencalonkan diri untuk tetap menjaga netralitas dalam Pilkada. “ASN nan tidak terlibat dalam kontestasi ini kudu mematuhi patokan dan tetap netral, mengingat mereka tetap terikat dengan tanggungjawab dan etika ASN,” tambahnya.

Dalam konteks Pilkada Bandung Barat 2024, sudah terlihat beragam nama dari kalangan mantan birokrasi, ASN aktif, hingga kepala desa nan telah muncul sebagai calon potensial.

 istimewa)Poster Kesra KBB terpampang di Jalan Cisarua-Parongpong (foto: istimewa)

Salah satunya adalah Hasanuddin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bandung Barat, nan tetap mempertahankan niatnya untuk maju sebagai calon bupati dengan semboyan “Maju, Sehat Agamis dan Inovatif” alias disingkat “Masagi”.

Hasanuddin tampak serius dalam mengenalkan diri kepada masyarakat, dengan poster-poster nan terpasang di sepanjang Jalan Cisarua-Parongpong, menandakan kesiapannya untuk bersaing dalam kontestasi Pilkada mendatang.

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber Berita : Liputan

Sumber sekitarkita.id politik
sekitarkita.id politik