Pertamina: Verifikasi QR Code Beli Pertalite Pakai AI 3x Lebih Cepat

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina Patra Niaga menggunakan teknologi kepintaran buatan (artificial intelligence/AI) untuk mempercepat verifikasi info pendaftaran QR Code untuk pembelian BBM subsidi jenis pertalite.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan penggunaan AI membikin kecepatan verifikasi meningkat dibanding menggunakan sistem manual.

"Dengan sistem AI ini, kecepatan verifikasi meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan sistem manual," jelas Heppy dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Heppy menjelaskan info pendaftar nan masuk bakal diverifikasi oleh AI dan dicocokkan dengan info Korlantas. Namun, saat info nan diunggah oleh pendaftar tidak terbaca seperti foto nan diunggah pecah alias STNK pendaftar tertekuk maka AI tidak bisa memproses info tersebut.

Karena sistem AI tidak bisa membaca, maka proses verifikasi dialihkan secara manual.

"Jadi jika AI tidak bisa membaca info pendaftar, maka info pendaftar ini bakal masuk ke sistem manual nan dilakukan oleh petugas verifikator," ujarnya.

Heppy mengatakan verifikasi manual bisa dibilang semacam pengecekan ulang. Pendaftar nan lolos verifikasi, sambungnya, bakal mendapat notifikasi QR Code subsidi tepat melalui email.

Saat ini Pertamina memiliki sekitar 140 verifikator untuk QR Code. Diharapkan dengan banyaknya verifikator dan sistem AI ini, verifikasi bisa dipercepat dan masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan QR Code. Per 5 September, sudah 4.315290 nomor polisi kendaraan telah terverifikasi QR Code.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat nan sudah melakukan pendaftaran. Bagi nan tetap menunggu QR Code, kami minta bisa bersabar, upaya percepatan terus kami lakukan," tutup Heppy.

Pertamina Patra Niaga meminta penduduk mendaftar QR Code agar bisa membeli Pertalite ketika patokan pembatasan BBM subsidi sudah diterapkan. Upaya ini merupakan bagian dari sosialisasi nan sudah dilakukan sejak awal Agustus.

QR Code ini bisa didapat dengan langkah mendaftar melalui situs https://subsiditepat.mypertamina.id/ kemudian melengkapi sejumlah arsip seperti foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

Data nan didaftarkan penduduk bakal dicocokkan dengan arsip kendaraan. Bila terverifikasi maka QR Code bakal diberikan, penduduk bisa mencetaknya lampau menunjukkan ke petugas SPBU jadi bisa tak perlu menggunakan ponsel.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com