Nasib Basuki Jadi Kepala Otoritas IKN Bergantung pada Prabowo

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 23 Okt 2024 19:12 WIB

Mantan Plt. Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni menyebut sejumlah pihak mau Basuki Hadimuljono jadi Kepala OIKN. Tapi semua berjuntai Presiden Prabowo. Mantan Plt. Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni menyebut sejumlah pihak mau Basuki Hadimuljono jadi Kepala OIKN. Tapi semua berjuntai Presiden Prabowo. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Raja Juli Antoni mengakui ada angan dari sejumlah pihak agar mantan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi Kepala Otorita IKN nan baru.

Pria nan berkawan disapa Toni itu mengatakan angan tersebut sudah disampaikan ke Presiden Jokowi sebelum transisi pemerintahan. Namun, keputusan akhir ada di Presiden Prabowo Subianto.

"Ada masukan dan harapan, disampaikan juga kepada mantan Presiden Joko Widodo, agar Pak Basuki dapat meneruskan sebagai Kepala Otorita OIKN definitif. Tapi sekali lagi tentu semuanya adalah otoritas kewenangan prerogatif Pak Presiden (Prabowo)," kata Toni di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Kehutanan Kabinet Merah Putih itu mengatakan pemilihan Kepala Otorita IKN perlu waktu. Dia mengatakan UU IKN menyebut kepala Otorita IKN pertama memang bisa langsung ditunjuk oleh presiden.

Meski begitu, untuk berikutnya, presiden tak bisa langsung menunjuk kepala Otorita IKN. Presiden perlu berkonsultasi dengan DPR.

"Itu perlu persetujuan dari DPR. Nanti saya kira Pak Bas, artinya dari Setneg alias Seskab kudu mengonfirmasi pencalonan kepala OIKN itu nan baru ini. Di undang-undangnya demikian," ujarnya.

Sebelumnya, posisi kepala dan wakil kepala Otorita IKN kosong setelah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri. Presiden Jokowi menunjuk Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni menjadi pelaksana tugas (plt.).

Posisi itu kembali kosong saat transisi pemerintahan. Saat ini, bangku kepala dan wakil kepala Otorita IKN tetap kosong.

[Gambas:Video CNN]

Basuki awal pekan kemarin  mengatakan diminta untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

"Ini saya bukan mau mendahului, tapi menurut Setneg dan Pak Jokowi saya di OIKN," katanya di instansi Kementerian PUPR, Senin (21/10).

"Sekarang sedang diurus bapak-bapak Setneg," imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa jabatanmya sebagai PLT Kepala OIKN telah berakhir.

(dhf/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com