Nama Gina tak disebut, 3 partai koalisi usung Aep Syaepulloh sebagai Cabup Karawang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Karawang | SekitarKita.id,- Ketua DPD Partai NasDem Karawang, Dian Fahrud Jaman menegaskan bahwa Gerindra, PKS dan NasDem sudah mempunyai kesepahaman menuju Pilkada 2024.

Dian menyebut, bahkan, kesepahaman ini sudah mengerucut kepada satu nama, ialah H. Aep Syaepulloh sebagai Calon Bupati Karawang periode 2024-2029.

“Pertama, hari ini Gerindra, NasDem dan PKS sudah mendeklarasikan sebagai parpol koalisi untuk Pilkada 2024-2029,” kata Dian kepada wartawan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Lalu kemudian, nan kedua, pihaknya sudah menyepakati sesuai kesepakatan awal, kami sudah bermufakat mengusung H. Aep Syaepulloh sebagai Calon Bupati 2024-2029,” sambungnya.

Adapun untuk calon wakil bupati Karawang, kata Dian, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada partai Gerindra nan menjadi koalisinya.

“Kami juga bakal mengusunglkan ini semua ke DPP masing-masing. nan pasti kami sudah mempunyai kesamaan. Nanti tetap bakal diusulkan ke DPP, lantaran kami juga tidak mungkin melangkahi DPP, lantaran penentunya kelak tetap di DPP,” ujarnya.

Kembali ditegaskan Dian, aktivitas deklarasi ini adalah deklarasi parpol koalisi. “Karena untuk calon bupati, tentu sebelumnya kita sudah deklarasi mendukung H. Aep Syaepulloh,” ucapnya.

Sementara itu, pada kesempatan nan sama, Sekretaris DPC Partai Gerindra Karawang, H. Endang Sodikin (HES) menjelaskan, bahwa masing-masing partai punya mekanisme. Jadi gedung koalisi 3 partai ini untuk mengusung calon bupati dan calon wakil bupati.

“Insha Allah semuanya kita serahkan ke DPP. Jadi kita tunggu hasilnya bersama-sama ya!,” tutur kang HES sapaan berkawan H. Endang.

Saat disinggung mengenai nasib Gina Fadlia Swara nan di gadang-gadang bakal menjadi calon wakil bupati dari partai Gerindra, kang HES nampak sedikit gugup untuk menjabatnya. Kang HES lebih memilih mengelak dari wartawan.

“Sudah cukup ya!. Jadi posisinya kita bakal serahkan ke DPP nan mempunyai kapastitas untuk menentukan semua. Jadi semuanya kembali ke partai masing-masing,” jawab HES.

“Jadi posisinya koalisi hari ini mengusulkan ya, mengusulkan ya!,” timpal HES kembali.

Disisi lain, Ketua DPD PKS Karawang, Budiwanto menambahkan, kesimpulannya bahwa ketiga partai sudah menemui kesepahaman menjelang Pilkada 2024. Ia juga menganalogikan jika ketiga partai sedang membangun rumah pilkada.

“Saya hanya mau menyimpulkan bahwa hari ini kita sedang membangun rumah. Jadi membangun pondasinya dulu. Nah, pondasinya itu 3 partai. Kemudian untuk ke depan seperti apa, kita lihat saja nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Gina Fadlia Swara, dipastikan masuk dalam bursa penjaringan Bakal Calon Bupati (Pilbup Karawang 2024) dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Selain Gina, ada nama Endang Sodikin dan Dimyati nan juga dipertimbangkan menjadi kandidat bupati di wilayah lumbung padi malalui partai besutan Prabowo Subianto itu.

Masuknya nama Gina dalam nominasi Bacabup Karawang disampaikan langsung Sekretaris DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani, seusai membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) Partai Gerindra Provinsi Jawa Barat nan digelar di Hotel Mercure Karawang, Senin lalu.

Menurut Ahmad Muzani, penentuan sosok nan bakal diusung Partai Gerindra dalam kontestasi Pilkada, merupakan kewenangan Ketua Dewan Pembina. Nama-nama nan bakal diusung itu tentunya merupakan kader-kader terbaik Gerindra di daerahnya masing-masing.

“Nama-nama kader dari setiap wilayah direkomendasikan DPC dan DPD ke DPP. Selanjutnya DPP bakal membawa nama-nama itu ke Dewan Pembina. Nah nan di sebelah kanan saya ini (Gina Fadlia Swara) menjadi salah satu kader nan dipertimbangan, maju di Pilkada Karawang,” ujar Ahmad Muzani pada 13 Mei 2024 lalu.

Penulis : Andyka Nugroho

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber Berita : Laporan: Andyka Nugroho (Kontributor Karawang)

Sumber sekitarkita.id politik
sekitarkita.id politik