Musibah Andreas Christiansen Jadi Berkah untuk Dani Olmo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona akhirnya bisa menurunkan Dani Olmo pada laga LaLiga melawan Rayo Vallecano, Rabu (28/8/2024) awal hari, dengan status sementara nan disetujui oleh LaLiga.

Olmo, yang direkrut dari RB Leipzig senilai 55 juta euro musim panas ini, tidakhadir pada dua pertandingan awal musim ini lantaran Barcelona tidak bisa mendaftarkannya. Klub Catalunya itu terhalang kondisi jelek finansial klub.

Beberapa sumber pun menyatakan kesempatan Olmo tampil dalam waktu dekat sangat kecil. Namun, cedera nan menimpa Andreas Christiansen membuka pintu Barcelona. 

Pasal 77 dalam aturan LaLiga mengenai Pengaturan Anggaran membebaskan klub melampaui pemisah pengeluaran jika ada pemain nan tidakhadir akibat cedera panjang. Christiansen masuk kategori itu. Dia bakal terkapar empat bulan menyusul gangguan Achilles.

Situasi ini memungkinkan Barcelona menggunakan alokasi 80 persen dari gaji bek asal Denmark itu demi mendaftarkan pemain lain untuk sementara waktu.

Agar mendapat persetujuan dari LaLiga, Barcelona selanjutnya mengirimkan laporan medis Christiansen.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Barcelona Obral Pemain demi Luangkan Anggaran Klub

Barcelona sebelumnya sudah membuka ruang pada anggaran klub dengan beraktivitas di bursa transfer. Mereka melepas Ilkay Gundogan, Vitor Roque, Mika Faye, dan Clement Lenglet dalam sepekan terakhir. Ke depannya, Barcelona berambisi bisa mendaftarkan Olmo dan Christiansen pada bursa transfer Januari 2025. 

Saat ini mereka tidak sabar menggunakan jasa Olmo, produk original akademi klub nan kemudian pergi ke Kroasia untuk menimba pengalaman di usia 16 tahun. Olmo kemudian berkembang bersama Dinamo Zagreb sebelum dipinang RB Leipzig pada 2020.

Barcelona Sudah Pernah Gunakan Taktik Serupa

Barcelona sudah pernah menggunakan strategi serupa demi mendaftarkan pemain baru di tengah buruknya kondisi finansial klub. Pada Januari 2024, mereka mendaftarkan Vitor Roque ketika Gavi cedera. El Azulgrana juga memasukkan Inigo Martinez ketika Ronald Araujo lama menghilang akibat masalah kebugaran.

Seperti diketahui, klub Spanyol dikenakan batas pengeluaran nan ditentukan oleh perbedaan antara pendapatan tim, dikurangi pengeluaran non-olahraga dan pembayaran utang.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga