Meriah, Wondr Jakarta Running Festival 2024 Satukan Ribuan Pelari dalam Sejarah Event Terbesar

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung semangat #LangkahBersama, wondr Jakarta Running Festival 2024 sukses digelar dan sukses menyatukan lebih dari 15 ribu dari beragam negara dan beragam latar belakang usia.

Festival ini berjalan selama empat hari pada 10-13 Oktober, dengan puncak kejuaraan lari nan digelar selama dua hari terakhir di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Para peserta terbagi dalam lima kategori lari, ialah Taro Junior Dash, wondr 5K, Electrum 10K, Jakarta Half Marathon nan berkolaborasi dengan MRT Jakarta, serta Le Minerale Marathon. 

Sepanjang rute lari, banyak masyarakat dan organisasi nan ikut serta menyemangati para pelari, menciptakan suasana nan meriah dan penuh semangat. Acara ini juga bermaksud untuk memajukan bumi olahraga lari di Indonesia, serta memperkuat posisi Jakarta sebagai destinasi sports tourism di tingkat nasional dan internasional.

Pada race hari kedua Jakarta Running Festival 2024, Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar Pandjaitan, turut memimpin flag off dan menyemangati para pelari. Luhut menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya aktivitas ini.

"Kita berkumpul dengan semangat luar biasa. Saya sangat bangga bisa berdiri di hadapan lebih dari 15.000 pelari nan telah menunjukkan dedikasi dalam event ini. Ini adalah langkah awal dari visi saya untuk menghadirkan City Marathon nan memenuhi standar internasional dalam perihal regulasi, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelari, sekelas London dan Berlin Marathon," katanya.

"Dengan kerja keras dan kolaborasi, saya percaya angan ini bakal segera terwujud. Terima kasih atas partisipasi semua pihak nan telah mendukung suksesnya aktivitas ini,” sambung Luhut.

Kesiapan Medis Menyeluruh Pastikan Keselamatan Pelari

Namun, seperti pada event besar lainnya, beberapa peserta mengalami cedera ringan alias masalah kesehatan lainnya. Namun, persiapan medis di wondr Jakarta Running Festival 2024 sangat komprehensif, menjamin keselamatan setiap pelari. Medical Director wondr Jakarta Running Festival, dr. Andi Kurniawan, SP. K.O, menjelaskan bahwa tim medis telah melakukan persiapan matang dengan menempatkan puluhan tenaga medis nan tersebar di sepanjang rute.

"Kami telah menyiapkan lebih dari 19 tenda medis, 10 mobile medic, serta 15 ambulans nan siap siaga. Dengan akomodasi medis nan ditempatkan setiap 1-2 km, kami memastikan bahwa pelari dapat segera mendapatkan support saat diperlukan," ujar dr. Andi. 

Selain itu, tim medis mempunyai peralatan nan komplit dan tenda medis utama nan besar serta memadai, dilengkapi dengan perangkat komunikasi canggih dan layar pantauan untuk memonitor kondisi peserta secara real-time.

"Kami juga menyiapkan tim medis di beragam titik krusial sepanjang rute untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para peserta. Kesiapsiagaan ini adalah hasil dari persiapan nan telah dilakukan sejak jauh hari, bekerja sama dengan beragam pihak terkait. Kami bersyukur, semua peserta nan memerlukan support medis telah mendapatkan penanganan nan optimal dan kondisi para pelari nan memerlukan perawatan juga terus kami monitor secara berkala hingga mereka sepenuhnya pulih," tambah dr. Andi.

Kelancaran Teknis Lomba

Race Director wondr Jakarta Running Festival, Donny Tjahyadikarta, juga memberikan apresiasi atas kelancaran teknis lomba. "Rute telah disesuaikan dengan kategori masing-masing untuk memberikan pengalaman berlari nan kondusif dan nyaman. Penutupan jalan dari kendaraan dan gangguan eksternal sangat membantu pelari mencapai performa terbaik mereka," katanuy.

"Telah diketahui jika selama penyelenggaraan wondr Jakarta Running Festival 2024, sterilnya jalanan dari kendaraan menjadi salah satu aspek krusial nan membikin aktivitas melangkah lancar dan kondusif bagi para peserta." 

"Hal ini tidak terlepas dari kerja sama nan baik antara pihak penyelenggara dengan pemerintah kota, abdi negara kepolisian, dan beragam lembaga terkait. Penutupan jalan secara total di sepanjang rute lomba, mulai dari kategori wondr 5K hingga Le Minerale Marathon, memastikan bahwa para pelari dapat berfokus penuh pada perlombaan tanpa adanya gangguan eksternal," pungkas Donny.

Antusiasme Komunitas Meriahkan Wondr Jakarta Running Festival 2024

Donny juga menekankan pentingnya koordinasi nan matang dalam memastikan penutupan jalan berjalan sesuai agenda dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar area perlombaan. "Kami sangat menghargai kesabaran dan support dari penduduk Jakarta nan turut serta menjaga kelancaran aktivitas ini. Dengan sterilnya jalanan, kami dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan seluruh peserta, nan merupakan prioritas utama kami," lanjutnya.

Selain jalur nan steril dari kendaraan, suasana di sepanjang rute wondr Jakarta Running Festival 2024 semakin meriah berkah support dari beragam organisasi nan turut datang untuk menyemangati para pelari. Pelari disambut oleh sorak-sorai dan semangat tak henti dari organisasi lari, masyarakat umum, serta penonton nan berdiri di pinggir jalan. Kehadiran mereka menambah daya positif, dan memotivasi pelari untuk terus melaju hingga garis finis.

Donny sekali lagi, mengapresiasi peran organisasi dan penduduk nan ikut mendukung aktivitas ini. "Antusiasme dari organisasi lari dan masyarakat sepanjang rute betul-betul luar biasa. Kehadiran mereka memberikan dorongan mental nan sangat berfaedah bagi para pelari. Festival ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang gimana menciptakan atmosfer kebersamaan dan saling mendukung," ujarnya.

Expo olahraga dan intermezo nan menarik puluhan ribu pengunjung. 

Expo Meriah dan Semangat Kolaborasi di Wondr Jakarta Running Festival 2024

Selain lomba lari, wondr Jakarta Running Festival juga menghadirkan pengalaman baru melalui Expo di Istora GBK nan berjalan dari 10 hingga 13 Oktober 2024. Expo ini terbuka untuk publik secara cuma-cuma dan sukses menarik lebih dari 35.000 pengunjung. 

Expo ini menampilkan lebih dari 100 brand. Tidak hanya menjadi arena pameran produk, expo ini juga dimeriahkan dengan pagelaran musik dan intermezo interaktif lainnya, menciptakan suasana nan semakin meriah dan menarik bagi para pengunjung.

Dukungan dan Kolaborasi Direktur Utama PT Kelompok Lari Anab Bangsa (KLAB), Dickie Widjaja menyatakan, “Dengan membawa semangat #LangkahBersama, kami mau menunjukkan bahwa kerjasama antara pemerintah, komunitas, dan sektor swasta bisa membawa akibat positif nan besar bagi pengembangan olahraga, khususnya lari. Walaupun ada beberapa perihal nan perlu dibenahi, kami sangat optimis bahwa pagelaran ini bakal terus tumbuh dan menjadi lebih baik kedepannya. Kami ucapkan terima kasih kepada semua sponsor dan mitra nan telah ikut andil dalam kesuksesan aktivitas ini.”

Mewakili panitia penyelenggara, Dickie Widjaja mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelari nan berpartisipasi. "Semangat dan antusiasme kalian adalah kunci dari kesuksesan pagelaran ini. Selamat kepada semua finisher nan telah menunjukkan ketangguhan dan kekuatan luar biasa selama dua hari penuh. Kami berambisi bisa berjumpa kembali dengan semangat nan lebih besar di Jakarta Running Festival 2025. Sampai bertemu tahun depan, #LangkahBersama!" wondr Jakarta Running Festival 2024 tidak hanya menjadi seremoni olahraga, tetapi juga momentum untuk memajukan semangat kebersamaan dan menginspirasi lebih banyak orang untuk menjalani style hidup sehat melalui olahraga lari. 

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga