Menpora Resmi Tutup Peparnas 2024, Jawa Tengah Jadi Juara Umum

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi menutup Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2024) malam WIB.

Mewakili Presiden Joko Widodo, Menpora Dito menyampaikan bahwa para atlet nan bertanding merupakan para juara nan telah memberi pelajaran terbesar mengenai keberanian dan upaya bekerja keras.

"Atas nama Bapak Presiden, saya mau mengucapkan selamat kepada semua atlet nan telah meraih lencana dan memecah rekor," kata Menpora Dito dalam pidato penutupan.

"Bagi mereka nan belum (meraih medali), jangan pernah berkecil hati. Kalian para juara nan telah memberi pelajaran bahwa keberanian dan upaya bekerja keras adalah pencapaian terbesar," imbuh Menpora Dito.

Menpora Dito mengatakan bahwa Peparnas 2024 merupakan arena olahraga dengan mengusung semangat inklusifitas, solidaritas dan integritas sebagai momentum rasa cinta terhadap kemanusiaan.

"Peparnas bagi kami adalah arena olahraga dengan semangat inklusifitas, solidaritas, dan integritas. Semua orang nan datang di momentum ini baik penyelenggara, peserta, apalagi penonton telah menjadi bagian dari orang-orang nan melestarikan rasa cinta terhadap kemanusiaan," ujar Dito.

Ratusan Rekor Pecah di Peparnas 2024

Dalam gelaran Peparnas 2024, ratusan rekor nasional serta satu rekor Asia Tenggara terpecahkan. Di bagian olahraga para atletik total menghasilkan 106 rekor nasional baru. Catatan rekor nan spesial lain dicatatkan oleh atlet Kalimantan Selatan, Ahmad Fauzi, nan memecahkan rekor Asia Tenggara saat bertanding pada nomor lempar cakram F37 Putra.

Selain itu terdapat 17 rekor nasional nan dipecahkan pada bagian para angkat berat. Lalu bagian para renang mencatatkan total 22 nomor nan melampaui rekor sebelumnya. Sehingga, secara keseluruhan, ada 114 rekor nasional dan satu rekor Asia Tenggara nan dipecahkan pada Peparnas 2024.

Dengan terpecahkannya rekor di gelaran multievent empat tahunan ini maka menjadi modal krusial untuk Indonesia menatap ASEAN Para Games Thailand 2025.

Setelah itu, ada pula Asian Para Games 2026 di Aichi-Nagoya, Jepang. Di level nan paling tinggi, arena Paralimpiade ke-18 bakal bergulir di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2028.

Di arena Peparnas nan diikuti oleh 2.957 atlet kalo ini, tuan rumah Jawa Tengah keluar sebagai juara umum setelah mengumpulkan 161 lencana emas, 121 perak, dan 124 perunggu sekaligus mengukuhkan statusnya sebagai provinsi paling sukses di arena ini dengan enam kali gelar juara.

Selain itu catatan mengesankan lainnya ialah sebanyak total 20 bagian olahraga nan dipertandingkan pada Peparnas 2024 menjadi nan terbanyak dalam sejarah penyelenggaraannya sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1957. Dari 20 bagian mempertandingkan total nomor sebanyak 567.

Juara Umum Peparnas 2024

Jawa Tengah menjadi juara umum Peparnas 2024. Mereka mengumpulkan total 406 lencana dengan rincian 161 emas, 121 perak, 124 perunggu.

Jawa Barat finis di posisi kedua dengan 120 emas, 116 perak, dan 118 perunggu. Sedangkan DKI Jakarta menempati posisi ketiga dengan 39 emas, 29 perak, dan 36 perunggu.

Pada Peparnas sebelumnya tahun 2021, tuan rumah Papua menjadi juara umum. Jabar dan Jateng melengkapi posisi tiga besar.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga