Kejuaraan Dunia Olahraga Barongsai Digelar di Jakarta, Sejarah Baru Tercatat

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Kejuaraan Dunia Barongsai pertama di Indonesia nan berjudul 1st FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024 resmi dibuka pada Jumat 17 Mei 2024 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

10 negara bakal bersaing menjadi juara pada event nan digagas Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) ini. Peserta datang dari Indonesia, Singapura, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Vietnam, China, Taiwan, Thailand, dan Australia.

Total ada 58 tim nan ikut serta dengan atlet mencapai 550 orang. Kejuaraan Dunia Barongsai 2024 ini berjalan selama tiga hari sampai 19 Mei 2024.

Upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Barongsai ini berjalan meriah. Ada beberapa tarian tradisional seperti Reog nan disuguhkan untuk menghibur tamu undangan dan atlet dari luar negeri.

Grace Natalie selaku Staf Ahli Presiden Jokowi membuka Kejuaraan Dunia Barongsai 2024 ini. Event ini memang memperebutkan tiga piala sekaligus. nan pertama Piala Presiden melalui pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance).

Untuk golongan kedua ada pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance) nan bakal memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kemudian, terakhir adalah pertandingan Naga (Dragon Dance) dan bakal memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

“Sejarah telah tercatat di tempat ini. Sejarah dimana pertama kali Piala Presiden diperebutkan pada Kejuaraan Dunia Barongsai,” kata Grace Natalie saat mewakili Joko Widodo membuka Kejuaraan Dunia Barongsai.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga