Kapolri Cup 2024 Resmi Digelar, Jadi Wadah Pembinaan Bulu Tangkis Instasi Polri dan Pemain Muda Indonesia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Cup Badminton Championships 2024 mulai bergulir Senin (22/7/2024). Turnamen bulu tangkis nan digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 ini dibuka langsung Ketua Panitia penyelenggara nan juga selaku Asisten Logistik Kapolri, Raden Prabowo Argo Yuwono di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur.

Turut datang dalam aktivitas pembukaan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta dan Kabaharkam Polri sekaligus Sekjen PP PBSI Muhammad Fadil Imran. Dalam sambutannya, Alex Tirta menyebut Kapolri Cup 2024 sebagai corak kepedulian lembaga Kepolisian RI dalam ikut serta mengembangkan bulu tangkis di Tanah Air.

Bahkan semarak kejuaraan ini sudah terlihat sebelum digelar. Di beberapa wilayah telah digelar kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan trofi Kapolda Cup.

"PBSI menyambut ceria Kapolri Cup 2024. Ini merupakan bentuk lembaga Kepolisian RI mulai meletakkan kepedulian dengan melakukan pembinaan bagi munculnya bibit-bibit pebulutangkis potensial," kata Alex.

"Berkat Kapolri Cup ini terlihat akhir-akhir ini sungguh masifnya kemandang kejuaraan bulu tangkis di Tanah Air. Di beragam wilayah juga makin bergairah dengan digelarnya kejuaraan pembukaan untuk memperebutkan Kapolda Cup," tambahnya.

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menyampaikan persiapannya jelang Olimpiade Paris. Apa saja jurus ginting agar sukses di arena bergengsi tersebut?

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pembinaan Bulu Tangkis

Kehadiran Kapolri Cup 2024 unik untuk internal Polri juga membikin atensi Kepolisian RI terhadap pembinaan bulu tangkis sangat tinggi. Alex Tirta memberikan apresiasi dan harapannya dengan kerjasama nan dilakukan ini bisa menghasilkan bibit potensial untuk bumi tepok bulu Tanah Air.

"Apresiasi juga saya berikan kepada Kepolisian RI nan untuk pertama kalinya menggelar kejuaraan unik internal dengan mempertandingkan nomor beregu. Ini menunjukkan bahwa Kepolisian RI juga mulai tertarik untuk melakukan pembinaan bulutangkis di lingkungan lembaga dan satuan kerja Polri," ujar Alex.

Turnamen bulu tangkis ini diikuti 480 peserta untuk kategori U-15, U-17, dan U-19. Sementara untuk kategori Polri sebanyak 64 regu nan berasal dari Polda, Satker Mabes Polri, dan jejeran turut serta.

Senada dengan Alex Tirta, Kabarhankam Polri Fadil Imran uga mengapresiasi langkah Kepolisian RI menyelenggarakan turnamen. Dengan adanya arena ini diharapkan membikin para personil Kepolisian bisa segar dalam menjalankan tugas.

"Kami tentunya berambisi dari aktivitas kejuaraan ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia turut mendukung pembinaan olahraga bulutangkis, meningkatkan prestasi badminton, dan nan paling pokok meningkatkan kebugaran personil personil Polri sehingga dalam melaksanakan tugas terus bakal semakin baik," ungkap Fadil nan juga Sekjen PP PBSI.

Sebagai tanda peresmian kejuaraan, Fadil menyerahkan pataka kepada PBSI nan diterima Alex Tirta.

Animo Peserta

Ketua Panitia Pelaksana Kapolri Cup 2024 Argo Yuwono juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta nan turut serta meramaikan kejuaraan. Tercatat antusiasme peserta sejak awal untuk mengikuti arena ini sangat tinggi, sehingga panitia kemudian kudu berkoordinasi dengan PBSI untuk mensukseskan acara.

"Animo peserta sangat tinggi, pada awalnya tidak hanya bakal diikuti 64 regu. Hal ini menunjukkan bahwa animo dari personil nan kegemaran bermain bulutangkis sangat tinggi," ujar Argo.

Pria kelahiran 2 April 1968 itu juga mempersiapkan arena Kapolri Cup Badminton Championships 2024 dengan baik. Bahkan untuk akomodasi penunjang disiapkan tim master nan komplit agar penyelenggaraan aktivitas berjalan dengan lancar.

"Pada aktivitas ini kami siapkan juga ruang klinik, ada master semuanya sudah siap di sini. Hal ini kami persiapkan mengingat di pertandingan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 peserta banyak dari umur nan sudah melampaui dari umur standar, sehingga kemudian kami menyiapkan ada ambulan, klinik, dan master ekstra untuk pertandingan ini," ungkap Argo.

Kapolri Cup Badminton Championships 2024 digelar mulai Senin (22/7/2024) dari pukul 08.00 pagi WIB. Tidak hanya digelar di GOR UNJ, pertandingan lainnya untuk golongan U-17 dan U-19 diselenggarakan di GOR Pulogadung, Jakarta.

Bagi fanS bulutangkis nan mau ikut meramaikan bisa datang dan saksikan secara gratis. Turnamen Kapolri Cup Badminton Championships 2024 terhitung bergengsi mengingat level nan ditawarkan ialah seperti Sirnas Premier.

Peserta nan tampil juga terbilang beken mengingat ranking 1-32 nasional turut ikut serta sehingga persaingan memperebutkan gelar juara demikian ketat sejak awal. Untuk itu panitia tidak hanya menyediakan poin ranking nasional, juga disediakan lencana serta sertifikat.

Ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 terselenggara berkah support penuh dari BNI, Yonex-Sunrise, Le Minerale, Kapal Api, Indofood, Indomilk, Isoplus, dan Sunpride.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga