Jokowi Minta Kadin Bereskan Kisruh Internal: Jangan Bola Panas ke Saya

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kisruh di dalam tubuh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) diselesaikan secara internal.

Jokowi pun mengimbau agar masalah dalam organisasi pengusaha itu tidak dikaitkan dengan pemerintah, terutama dirinya.

Kisruh terjadi usai Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) menetapkan Anindya Bakrie sebagai ketua umum, mendepak Arsjad Rasjid yang menjabat ketua umum periode 2021-2026.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini bukan organisasi politik, ini adalah organisasi pengusaha. Sehingga saya minta diselesaikan secara baik-baik di internal Kadin," kata Jokowi di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

"Jangan kelak bola panasnya disorong ke saya," imbuhnya sembari terkekeh.

Jokowi menyatakan selama satu dasawarsa menjabat, dirinya dekat dengan Kadin. Mulai dari saat Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto, Rosan Roeslani, Arsjad Rasjid. Ia juga mengaku dekat Anindya Bakrie.

Ia menegaskan dirinya terbuka, baik kepada Arsjad maupun Anindya, apabila mereka berambisi berjumpa dengannya.

"Siapapun berjumpa dengan saya, saya terbuka, enggak ada masalah. Tapi sekali lagi, selesaikan masalah Kadin ini di internal Kadin. Jangan menyorong bola panasnya ke presiden, gitu saja," ujarnya.

Anindya Bakrie sebelumnya dalam Munaslub nan dihadiri 28 dari 34 Kadin provinsi dan 25 asosiasi. Ia menggantikan Arsjad Rasjid nan sejatinya menjabat sebagai ketua umum Kadin periode 2021-2026.

Beberapa pejabat nan datang dalam Munaslub di antaranya Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Bambang Soesatyo, Presiden Komisaris PT Blue Bird Tbk Bayu Priawan nan juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Munaslub Kadin 2024.

Kemudian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, Wakil Ketua Kadin Indonesia Erwin Aksa, dan Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas.

Usai diangkat, Anindya Bakrie menjelaskan di bawah kepemimpinannya, Kadin bakal menjalin kerja sama nan baik dengan pemerintah. Ia mau Kadin bekerja sama lebih baik dan kian terlibat sebagai mitra strategis pemerintahan Jokowi maupun Prabowo Subianto.

Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas menyatakan keputusan presiden (keppres) penetapan Anindya jadi bos baru Kadin segera terbit. Politikus Gerindra itu tampak datang dalam konvensi pers Kadin kubu Anindyapada Minggu (15/9).

Sementara itu, Arsjad mengatakan Munaslub nan menetapkan Anindya sebagai ketua umum Kadin baru tidak sah namalain ilegal. Pasalnya, Munaslub itu melanggar AD/ART dan ditolak oleh 21 Kadin Provinsi.

Arsjad pun bakal menginvestigasi dugaan pelanggaran AD/ART dalam penyelenggaraan Munaslub nan menetapkan Anindya Bakrie sebagai ketua umum baru organisasi pengusaha itu. Ia percaya bakal menemukan bukti keterlibatan perseorangan alias golongan di internal Kadin nan terlibat dalam persiapan Munaslub.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com