Jelang Pilkada 2024, KPU Bandung Barat desak Pemda lunasi dana hibah Rp31 miliar 

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman (foto; dok. SekitarKita.id)

Bandung Barat | SekitarKita.id,- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) melunasi sisa biaya hibah senilai Rp31 miliar.

Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman mengatakan, upaya dorongan itu dilakukan dengan langkah mengusulkan surat permohonan sisa anggaran Pilkada kepada Pemda Bandung Barat baru-baru ini.

“Kemarin satu minggu nan lampau saya sudah menandatangani pengajuan hibah nan tetap tersisa sebanyak 60 persen alias Rp 31 miliar,” kata Ripqi kepada wartawan, Sabtu (18/05/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sejumlah tahapan memasuki pilkada sudah berjalan, oleh karenanya, pihaknya berambisi proses sisa hibah dari Pemda Bandung Barat dapat segera diterima KPU KBB.

ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman (foto; dok. SekitarKita.id)ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman (foto; dok. SekitarKita.id)

Salah satunya, kata Ripqi, KPU KBB bakal segera melaksanakan launching Pilkada 2024 khususnya di Bandung Barat termasuk memperkenalkan maskot dan jingle.

“Banyak nan bakal kita sampaikan, artinya ketika launching itu sudah dilaksanakan. Maka tahapan Pemilu bakal semakin padat dan memerlukan anggaran,” kata dia.

Adapun total besaran keseluruhan biaya hibah pada perhelatan pesta kerakyatan mendatang dari Pemda Bandung Barat senilai Rp51 miliar, namun begitu, KPU KBB baru menerima sebesar Rp20 miliar.

“Kita (KPU KBB) baru terima diangka Rp20 miliar, jadi sisanya Rp31 miliar,” tuturnya.

Diketahui, pada bulan Juni 2024, kata Ripqi, KPU KBB bakal melaksanakan tahapan pemutakhiran data, perekrutan Pantarlih dan proses pencocokan dan penelitian (coklit). Pihaknya cemas dengan keterlambatan pencairan sisa hibah tersebut bakal menganggu aktivitas KPU.

 “Semua kegiatan-kegiatan pokok pemutakhiran info memerlukan anggaran. Intinya, kita berambisi minggu-minggu ini sisa tersebut bisa diterima sesuai dengan apa nan disampaikan oleh PJ Bupati Bandung Barat, kami berambisi sisanya tidak lewat dari bulan Juni 2024,” tandasnya.

Penulis : Abdul Kholilulloh

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber Berita : laporan tim SekitarKita.id

Sumber sekitarkita.id politik
sekitarkita.id politik