HP Oppo Paling Banyak Dibeli Orang Indonesia pada Awal 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Oppo memimpin pasar vendor ponsel di Indonesia, dengan pangsa pasar nyaris 18 persen (17,99 persen) pada Januari 2024, menurut survei dari Statista.

Tepat di bawahnya ada Samsung dengan pangsa pasar sekitar 17,44 persen di periode nan sama. Demikian seperti dikutip dari laporan Statista berjudul 'Market Share of Leading Mobile Vendors Across Indonesia as of January 2024', Kamis (2/5/2024).

Di bawahnya ada Xiaomi (15,25 persen), Vivo (13,07 persen), Apple (11,57 persen), Realme (7,08 persen), Infinix (3,79 persen), Asus (0,4 persen), dan Itel (0,32 persen).

 Statista</p>

Terkait info riset di atas, bisa disimpulkan bahwa HP Oppo paling banyak dibeli orang Indonesia pada awal tahun 2024.

Oppo Indonesia mengungkapkan, produk nan mendongkrak penjualan di awal 2024 adalah seri Reno11 series 5G.

Salah satu seri dari Reno11 series 5G ialah Reno 11 F 5G menjadi smartphone AI pertama di bawah 5 juta nan menawarkan pengalaman berbeda bagi para penggunanya.

Kehadiran Reno11 F 5G ini terbukti mendongkrak market share Oppo di Indonesia, mengantarkannya ke posisi puncak sebagai merek smartphone terfavorit di awal tahun 2024.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar Oppo Indonesia

“Kami sangat bangga atas pencapaian ini dan mau mengucapkan terima kasih kepada seluruh konsumen setia Oppo di Indonesia atas kepercayaannya," kata CMO Oppo Indonesia, Patrick Owen, melalui keterangan tertulisnya.

Ia menuturkan, Oppo selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk inovatif dan berbobot tinggi nan sesuai dengan kebutuhan dan style hidup masyarakat Indonesia.

Oppo optimis bahwa tren positif ini bakal terus bersambung di sepanjang tahun 2024. Dengan beragam produk baru nan bakal diluncurkan, Oppo percaya dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar smartphone di Indonesia.

Oppo dan OnePlus Gandeng Google Kembangkan Smartphone AI

Di sisi lain, Oppo telah mempercepat langkah strategis secara dunia untuk menghadirkan smartphone AI. Berpartner dengan Google Cloud, Oppo menggali lebih dalam upaya eksplorasi pengalaman smartphone AI nan lebih baru.

Dalam kerjasama ini, Oppo dan OnePlus juga mengumumkan bakal memanfaatkan Google Gemini di perangkat mereka. Menurut GM Produk AI Oppo dan OnePlus Nicole Zhang, kerjasama berbareng Google Cloud merupakan perihal krusial dalam perjalanan perusahaan.

"Kemampuan platform terbuka Google Cloud mempunyai peran nan sangat besar bagi kemajuan Opoo dalam pengembangan Smartphone AI," tuturnya dalam keterangan resmi nan diterima, Minggu (21/4/2024).

Nantinya, integrasi ini bakal disematkan dalam beragam lini produk Oppo dan OnePlus untuk memberikan peningkatan sekaligus perkembangan signifikan pada pengalaman AI di perangkat.

Sepanjang 2024, Oppo dan OnePlus juga mengumumkan komitmennya untuk memperkenalkan serangkaian fitur inovatif memanfaatkan kecanggihan Google Gemini. Jadi, kerjasama ini bisa merangkul pedoman pengguna lebih luas dengan daya tarik baru dari smartphone AI.

Menurut Oppo sendiri, smartphone AI kudu mempunyai empat keahlian inti ialah komputasi efisien, persepsi bumi nyata, pembelajaran mandiri, dan kreativitas. Saat ini, Oppo juga secara berjenjang telah meluncurkan keahlian AI ke pengguna perangkatnya.

Perusahaan asal Tiongkok itu mengumumkan lebih dari 10 juta pengguna sudah mendapatkan fitur AI generatif di Oppo Find X7 Series dan OnePlus 12. Di tahun ini pula, Oppo dan OnePlus juga bakal meluncurkan fitur AI secara global, termasuk Oppo AI Eraser.

Untuk diketahui, Oppo AI Eraser dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menghapus objek, serta bisa mengisi latar belakang dengan mulus tanpa terlihat jejaknya. Fitur ini juga sudah bisa mengenali lebih dari 120 kategori objek termasuk manusia, hewan, ponsel, bunga, pohon, dan bangunan.

Bakal Hadirkan Lebih Banyak Fitur AI Generatif

Oppo menyatakan telah melatih teknologi ini dengan miliaran kumpulan info berbasis model difusi nan terdepan di industri, sehingga menghasilkan performa AI Eraser nan mumpuni. Fitur ini juga direncanakan datang di Reno 11 Pro 5G, Reno 11 5G, Reno 11 F 5G, Find N3, dan Find N3 Flip.

Nantinya, Oppo dan OnePlus juga aktif bekerja-sama dengan Google untuk mengintegrasikan produk cloud AI ke lebih banyak perangkat mobile.

Selain pengolahan gambar, fitur AI juga bakal mendukung sejumlah fitur seperti ringkasan tulisan berita, organisasi konten audio, dan pembuatan konten media sosial.

Perlu diketahui, awal tahun ini, Oppo telah mendirikan pusat AI untuk memadukan sumber daya dalam penelitian dan pengembangan AI secara sistematis untuk menciptkan smartphone AI baru.

Dalam 3 hingga 5 tahun mendatang, Oppo dan OnePlus bakal terus mengembangkan lebih dari 100 fitur baru berbasis teknologi AI generatif, sekaligus tetap berkomitmen untuk bekerja-sama dengan mitra dunia untuk menciptakan pengalaman smartphone AI nan revolusioner.

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berbincang berbareng mantan Perdana Menteri Inggris nan juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi