Lupa Pola atau Password HP Android? Tenang, Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda terjebak dalam situasi panik lantaran lupa pola alias kata sandi (password) HP Android? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian lantaran banyak pengguna smartphone mengalami perihal serupa.

Namun, sebelum menyerah dan membawa ponsel ke service center, ada beberapa langkah nan bisa Anda coba untuk membuka kunci layar.

1. Manfaatkan Fitur Smart Lock

Jika Anda telah mengaktifkan fitur Smart Lock sebelumnya, Anda bisa dengan mudah membuka kunci HP Android saat berada di letak alias terhubung dengan perangkat terpercaya seperti smartwatch alias mobil.

Fitur ini sangat berfaedah bagi mereka nan sering lupa-lupa ingat.

2. Samsung Users, Coba SmartThings Find

Pengguna Samsung mempunyai untung tersendiri. Dengan menggunakan jasa SmartThings Find, Anda dapat mereset sandi layar secara jarak jauh melalui komputer.

Caranya cukup mudah, cukup login ke akun Samsung Anda dan ikuti petunjuk nan ada.

3. Manfaatkan Fitur "Lupa Sandi"

Beberapa merek HP Android, seperti Realme, menyediakan opsi "Lupa Sandi". Fitur ini bakal memandu Anda untuk memverifikasi identitas dan mereset sandi layar.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

4. Hapus File PIN dengan ADB 

Bagi pengguna nan lebih teknis, Anda bisa mencoba menghapus file PIN menggunakan Android Debug Bridge (ADB). Namun, perlu diingat bahwa langkah ini memerlukan pengetahuan teknis nan cukup dan berisiko jika tidak dilakukan dengan benar.

5. Opsi Terakhir: Factory Reset

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, jalan terakhir adalah melakukan factory reset alias reset pabrik.

Dengan melakukan perihal ini, semua info di ponsel Anda bakal terhapus. Pastikan Anda telah melakukan backup info krusial sebelum melakukan factory reset.

Pengguna Android Bisa Update Tiga Aplikasi Sekaligus di Google Play Store

Di sisi lain, ada berita ceria buat Anda pengguna Android. Sebelumnya, Play store cuma bisa update aplikasi satu per satu dan perihal ini membikin pengguna nan punya banyak aplikasi di smartphone-nya jadi ribet saat kudu meng-update aplikasi. 

Namun kini, Google sudah mengizinkan pengguna mereka untuk install dan update beberapa aplikasi sekaligus di Play store. Google menggulirkan keahlian ini sejak April lalu, demikian dikutip dari Android Police, Senin (2/9/2024).

Mungkin terlihat tidak terlalu penting, tapi jika Anda lagi setup ponsel baru atau download banyak aplikasi besar nan saling berhubungan, fitur ini bakal membantu.

Meski begitu, kebanyakan pengguna Android mungkin lebih sering update aplikasi yang sudah ada daripada menginstal aplikasi baru.

Nah, sekarang Google Play Store mulai menggulirkan fitur download paralel untuk update aplikasi. Ini artinya, Anda bisa update tiga aplikasi sekaligus. Apple Store sudah memungkinkan pengguna untuk mengupdate tiga aplikasi sekaligus sejak beberapa waktu lalu.

Tak hanya untuk meng-update, fitur ini juga bertindak untuk meng-install aplikasi baru, namun hanya bisa install bersamaan dua aplikasi dalam sekali waktu.

Saat ini, fitur baru ini sedang digulirkan, jadi mungkin sejenak lagi pengguna bakal merasakan manfaatnya di perangkat kamu. 

Sayangnya, belum jelas kapan fitur update beberapa aplikasi sekaligus ini bakal dinikmati semua pengguna Android. 

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Pelayan robot melayani pengguna di Robot Cafe, Nairobi, Kenya, Kamis, 29 Agustus 2024. (AP Photo/Brian Inganga)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi