Apple Ucapkan Selamat Tinggal pada LCD, Semua iPhone Bakal Pakai OLED

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan siap melakukan perubahan besar dengan mengganti semua layar iPhone menjadi OLED, termasuk untuk model iPhone SE nan lebih terjangkau. 

Dikutip dari Gizchina, Minggu (8/9/2024), menurut laporan Nikkei, Apple dilaporkan bakal sepenuhnya meninggalkan layar LCD untuk iPhone pada tahun depan. 

Perubahan ini menandakan pergeseran besar dalam strategi layar Apple, mengingat OLED dikenal mempunyai teknologi lebih canggih bakal menggantikan LCD.

Dampak pada Pemasok Jepang

Keputusan ini pun disebut akan memengaruhi dua pemasok besar asal Jepang, ialah Display Inc. (JDI) dan Sharp. Keduanya dikenal sempat mendominasi rantai pasok layar Apple.

Sekitar 10 tahun lalu, mereka menguasai 70 persen pangsa pasar layar iPhone, tapi kini hanya memasok LCD untuk model iPhone SE. Dengan rencana perubahan ini, peran mereka di lini produksi iPhone kemungkinan bakal berakhir.

Bangkitnya Pemasok Korea Selatan dan Tiongkok

Sebagai gantinya, Apple mulai memesan layar OLED dari perusahaan Tiongkok dan Korea Selatan seperti BOE Technology Group dan LG Display. Dua perusahaan itu merupakan pemasok utama layar OLED untuk model iPhone premium.

Samsung, nan juga dari Korea Selatan, saat ini memegang sekitar 50 persen pangsa pasar OLED iPhone, diikuti LG Display dengan 30 persen dan BOE dengan 20 persen.

Oleh karena itu, rencana memakai layar OLED untuk semua produk iPhone sekaligus menandai peralihan penuh Apple ke pemasok dari Korea Selatan dan Tiongkok.

Keunggulan Teknologi OLED

Layar OLED dikenal lantaran kemampuannya menghasilkan kontras lebih tajam serta mempunyai warna lebih hidup dibandingkan LCD.

Layar OLED tidak memerlukan sinar latar lantaran menggunakan senyawa organik nan memancarkan sinar sendiri. Hal ini memberikan pengalaman visual lebih baik, terutama untuk menonton film, bermain game, alias memandang foto.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi