Hasil Euro 2024: Tekuk Portugal 2-0, Georgia Bikin Sejarah Lolos 16 Besar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Georgia membikin sejarah usai menang 2-0 atas Portugal pada laga terakhir grup F nan berjalan di Stadion Arena Aufschalke, Kamis (27/7/2024). Dua gol Georgia dicetak oleh Kvicha Kvaratskelia dan penalti Mikautadze.

Hasil ini membawa Georgia lolos ke-16 besar sebagai ranking ketiga terbaik dengan 4 poin. Sedangkan Portugal tetap berada di puncak klasemen grup F Euro 2024 dan sudah tentukan kelolosan sejak laga kedua.

Jalannya Pertandingan Georgia vs Portugal

Portugal mencadangkan 8 pemain Utama saat musuh Georgia. Hanya Ronaldo, Joao Palhinha dan Diego Costa nan tetap jadi starter dengan argumen sudah amankan tiket ke 16 besar.

Georgia mengejutkan Portugal di menit ke-2. Lewat serangan kembali cepat, Kvischa Kvaratskelia sukses encetak gol usai manfaatkan umpan Mikautadze.

Manfaatkan kesalahan umpan Portugal, Mikautadze melepas umpan terukur kepada Kvaratskelia. Georgia untuk sementara unggul 1-0 atas Portugal.

Hingga menit ke-14, Portugal tetap kandas melepas satu tembakan pun ke arah gawang Portugal. Pemain persediaan Selecao, julukan Portugal sepertinya belum nyetel di laga ini.

Ronaldo mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas di menit ke-16. Tendangan kerasnya tepat mengarah ke Mamardashvili nan juga menjadi tembakan pertama Portugal.

Joao Palhinha menguji Mamardashvili di menit ke-23 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola tepat mengarah ke kiper Georgia.

Joao Felix membuka kesempatan emas untuk Portugal di menit ke-31. Tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti melebar tipis di sisi kiri gawang Georgia.

Menit ke-46, Joao Felix melepas tembakan lagi dari luar kotak penalti. Namun tendangannya tetap mengarah ke Mamardashvili.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Georgia tetap bertahan. Apakah Portugal bisa membalas di babak kedua?

Berita Video, pembimbing Timnas Portugal buka bunyi mengenai dirinya tetap memainkan sosok Cristiano Ronaldo nan dinilai sudah berumur.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Georgia vs Portugal di Euro 2024

Francisco Conceicao ciptakan kesempatan di menit ke-46 nan menghasilkan tendangan sudut. Cristiano Ronaldo pun tebakannya tetap diblok di menit ke-47.

Awal babak kedua nan menegangkan buat Georgia. Dua tendangan perspektif beruntun diraih oleh Portugal.

Mamardashvili memang kiper hebat. Menit ke-54, dia bisa menepis tembakan Diogo Dalot dari luar kotak penalti sehingga skor tetap 1-0 untuk Georgia.

Antonio Silva Kembali blunder di menit ke-55. Setelah salah umpan di menit ke-2 nan berujung gol, dia juga menjatuhkan pemain Georgia di kotak penalti.

Mikautadze mengeksekusi penalti dengan baik di menit ke-57. Mengarahkan bola ke sisi kiri, dia mengubah skor jadi 2-0.

 Mikautadze Kembali buka kesempatan di menit ke-72. Manfaatkan serangan kembali cepat, dia melepas tendangan keras dari sisi kanan tapi tetap melambung.

Zivzivadze nan baru masuk membikin kesempatan untuk Georgia di menit ke-85. Manfaatkan umpan Mikautadze, dia bisa terlepas dari penjagaan tapi tembakannya tetap menyamping.

Portugal gencar menyerang tapi kesempatan demi kesempatan kandas berubah gol. Ini termasuk tembakan Diogo Dalot di injury time babak kedua.

Hingga pertandingan berakhir, Georgia tetap unggul 2-0 atas Portugal. Georgia kemungkinan besar menghadapi Spanyol alias Inggris.

Susunan Pemain Georgia vs Portugal

sss

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga