Guyon Basuki: Embung MBH di IKN Artinya Mochamad Basuki Hadimuljono

Sedang Trending 6 hari yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 13 Sep 2024 14:48 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap makna nama Embung MBH di IKN Kalimantan Timur. Ia menyebut MBH berfaedah Mochamad Basuki Hadimuljono. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap makna nama Embung MBH di IKN Kalimantan Timur. Ia menyebut MBH berfaedah Mochamad Basuki Hadimuljono. (CNN Indonesia/ Dhio Faiz).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap makna nama Embung MBH nan terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sembari berguyon, dia menyebut bahwa MBH adalah inisial dari nama lengkapnya ialah Mochamad Basuki Hadimuljono.

"Embung ini Embung MBH namanya. Artinya Mochamad Basuki Hadimuljono," kelakar Basuki diiringi tawa para hadirin dalam kunjungannya ke embung tersebut, dikutip dari unggahan video IG Kementerian PUPR, Jumat (13/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Plt Kepala Otorita IKN itu banyaknya embung di IKN membikin proses penamaannya menjadi sulit. Oleh karena itu, dia memberi nama Embung MBH dengan inisial huruf untuk mempermudah.

"Karena kita punya banyak (embung) tadi, a, b, c, d, e, susah. Jadi saya kasih nama Embung MBH," imbuhnya.

Secara keseluruhan, Basuki mengungkap pihaknya menargetkan pembangunan sebanyak 30 embung. Namun saat ini, proyek nan telah rampung mencapai 22 embung. Ia pun mengungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ke depannya jumlah embung di IKN dapat mencapai 60 embung.

Ia menjelaskan kegunaan embung adalah untuk konservasi air. Embung MBH sendiri mempunyai kapabilitas 66 ribu meter kubik dengan kedalaman 6 meter. Basuki mengungkap area di sekitar embung juga disertai jogging track sepanjang sekitar 3 kilometer (km).

"Jadi jika pagi dipakai untuk jogging track, ini merupakan spot nan mungkin paling baik lantaran di sana ada Istana Garuda dan Istana Negara serta kantor-kantor kemenko," tutur Basuki lebih lanjut.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com