Gabung Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nathan Tjoe-A-On Tegaskan Timnas Indonesia Tak Gentar

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On menegaskan dia dan rekan-rekannya tak bakal gentar menghadapi putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia.

Hal itu terlepas dari kebenaran bahwa skuad Garuda tergabung dalam grup maha berat dan bakal ditantang oleh negara-negara raksasa sepak bola nan sebagian besar sudah berilmu tampil di Piala Dunia.

Sekadar informasi, hasil drawing ronde 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers pada akhir Juni lampau memang menempatkan Indonesia di grup C berbareng Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Skuad racikan Shin Tae-yong nan di atas kertas tak lebih unggul dari rival-rivalnya lantaran mereka saat ini hanya menghuni ranking 133 FIFA dan tetap nihil pengalaman mentas di panggung sepak bola terakbar dunia.

Kendati begitu, Nathan Tjoe-A-On memastikan pasukan Garuda tak bakal keder saat menantang negara pesaing dalam rangkaian pertandingan nan dimulai September mendatang. Pesepak bola berumur 22 tahun menilai Timnas Indonesia punya kans untuk memberi perlawanan serta mengeksplotasi kelemahan rival-rival grup C.

"Ini adalah grup nan penuh dengan kualitas, tetapi saya pikir kami (Timnas Indonesia) juga punya kualitas," ujar Nathan Tjoe-A-On, dilansir dari situs resmi PSSI.

"Kami tidak boleh takut dengan tim-tim ini lantaran ini adalah sepak bola, segalanya bisa terjadi. Kami hanya perlu menganalisis dengan baik gimana langkah mereka bermain dan di mana kesempatan kami, lampau kami kudu bisa memanfaatkan kelemahan mereka serta menunjukkan kualitas kami," tambahnya.

Berita video komentar pembimbing Timnas Indonesia, Shin Tae-yong soal penampilan debutan anyar Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On saat Indonesia kalahkan Vietnam, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Timnas Indonesia Belajar dari Pengalaman

Lebih lanjut, Nathan Tjoe-A-On juga menilai bahwa Timnas Indonesia saat ini sudah belajar dari pengalaman. Sejumlah pertandingan terakhir menunjukkan skuad Garuda punya cukup potensi untuk menaklukkan negara-negara nan kelasnya lebih tinggi.

Oleh lantaran itu jelang menatap laga krusial September mendatang, Nathan menyebut dia dan rekan-rekannya hanya bakal konsentrasi melakukan persiapan pramusim berbareng klub. Ia berambisi para pemain Timnas Indonesia bisa datang dengan kondisi terbaik ketika Merah Putih memanggil di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kami belajar (dari pengalaman internasional sebelumnya) bahwa kami bisa menunjukkan kepada tim alias negara lain sungguh bagus tim kami sebenarnya," tutur Nathan.

"Saya pikir juga di tim U-23, kami sempat mengalahkan beberapa negara nan sangat bagus lantaran kami percaya pada diri kami sendiri. Jadi saya rasa itulah nan (perlu) kami lakukan juga di tim senior, ialah kami percaya pada diri sendiri dan percaya bisa melakukan sesuatu."

"Kami sangat antusias dengan apa nan bakal kami hadapi. Kami kudu mempersiapkan diri saat pramusim di klub dan memastikan diri kami dalam kondisi terbaik untuk menghadapi pertandingan-pertandingan nan bakal datang," tandas pesepak bola kelahiran 2002.

Syarat Lolos ke Piala Dunia 2026

Sekadar informasi, patokan terbaru Piala Dunia memungkinkan Asia mempunyai 8+1 wakil dalam FIFA World Cup 2026 mendatang.

Saat ini, ada total 18 tim termasuk Indonesia nan sudah dibagi ke dalam 3 grup dan bakal berupaya memperebutkan slot tampil di putaran final Piala Dunia 2026

Negara nan sukses menyabet dua ranking teratas dalam masing-masing grup bakal memperoleh tiket otomatis ke kejuaraan sepak bola terakbar. Sementara itu, tim ranking 3 dan 4 tetap berkesempatan memperebutkan tiket lainnya dengan berperan-serta dalam putaran keempat.

Sebanyak 2 tim juara grup di putaran empat bakal diambil untuk mendampingi 6 negara sebelumnya. Adapun 1 negara lagi bakal dikirim mengikuti play-off antarbenua.

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

5 September 2024

Arab Saudi vs Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024

Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

China vs Timnas Indonesia

14 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga