Deretan Bisnis Anindya Bakrie, Ketua Kadin Baru versi Munaslub

Sedang Trending 2 hari yang lalu
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Anindya Bakrie terpilih menjadi Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Sabtu (14/9), di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan.

Setelah terpilih, Anindya mengungkapkan bakal tetap menjaga Kadin agar tetap menjadi rumah bagi para pelaku upaya di Tanah Air dan menjadi mitra pemerintah.

"Kadin Indonesia sebagai rumah besar para pengusaha alias bumi upaya bakal menjadi mitra strategis pemerintah untuk memajukan ekonomi dan memeratakannya," ujar Anindya dalam unggahan terbaru instagramnya, Selasa (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu apa saja upaya Anindya Bakrie?

1. PT Bakrie & Brother Tbk

Berdasarkan profil LinkedIn miliknya, laki-laki berjulukan komplit Anindya Novyan Bakrie ini adalah Chief Executive Officer (CEO) dan President Director PT Bakrie & Brother Tbk.

Perusahaan ini bergerak di bagian infrastruktur, kendaraan listrik, pertambangan, minyak & gas, listrik (termasuk daya terbarukan dan tenaga surya), properti, dan perkebunan.

Anin, sapaan akrabnya, juga merupakan penerus grup Bakrie dengan 10 perusahaan nan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kapitalisasi pasar campuran lebih dari US$15 miliar.

2. VIVA Group

Pria lulusan Universitas Northwestern memulai kariernya di Wall Street sebagai Bankir Investasi di Salomon Brothers di kantornya di New York.

Setelah kembali dari AS, anak pertama pengusaha Aburizal Bakrie ini mendirikan VIVA Group, nan mempunyai tvOne dan ANTV. Sampai saat ini dia tercatat tetap terdaftar sebagai pemimpin di perusahaan tersebut.

Ia tercatat sebagai Chief Executive Officer & President Director di Visi Media Asia (VIVA) dan Bakrie Global Ventura. Sedangkan di PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) dia menjabat sebagai Executive Chairman & President Commissioner.

3. PT VKTR Teknologi Mobilitas

Kemudian, Anin juga menduduki bangku komisaris utama PT VKTR Teknologi Mobilitas nan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Juni 2023 dan memasok bus listrik ke Transjakarta. Anak perusahaan Bakrie Group tersebut didukung oleh BYD Automobile, produsen kendaraan listrik asal China.

Anin juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Kadin Indonesia untuk periode 2021-2025. Juga menjabat sebagai Ketua APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia, nan didirikan oleh APEC pada 1995.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com