Cabup Jalur Independen Sundaya Akhirnya Lolos Verivikasi Administrasi di Pilkada KBB

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

SEKITARKITA.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) baru-baru ini menerima berkas perbaikan syarat support dari pasangan calon calon bupati dan wakil bupati jalur independen untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, ialah Sundaya – Aa Maulana.

Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman mengkonfirmasi, pasangan jalur perseorangan ini sebelumnya dinyatakan tidak lolos pada tahap verifikasi aktual (verfak).

Ia menyebut, bahwa Sundaya – Aa Maulana telah melengkapi kekurangan berkas nan sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pasangan calon ini, kata dia, sukses mengumpulkan 4.120 syarat support dan dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

“Kekurangan berkas nan disampaikan ialah sebesar 4.120, dan kami telah menerima perbaikan info dari calon perseorangan ini,” ujar Ripqi Ahmad Sulaeman saat dihubungi wartawan, Selasa (6/8/2024).

Meski sudah lolos tahap verifikasi administrasi, Ripqi menyebut bahwa izin tetap bakal melanjutkan proses dengan verifikasi aktual terhadap 4.120 syarat support nan dikumpulkan oleh Sundaya – Aa Maulana.

Jika hasil verifikasi aktual memenuhi syarat (MS), lanjut dia, pasangan ini bakal melanjutkan ke tahap akhir pendaftaran.

“Setelah lolos verifikasi administrasi, kami bakal melanjutkan ke verifikasi faktual. Jika dalam proses tersebut syarat support lebih dari 4.120, maka bakal dinyatakan memenuhi syarat,” jelasnya.

Namun, meski Sundaya – Aa Maulana lolos dalam verifikasi faktual, Ripqi mengingatkan bahwa belum tentu pasangan ini bakal ditetapkan sebagai calon.

Dipaparkan Ripqi, proses selanjutnya termasuk kemungkinan pengunduran diri dari calon nan bersangkutan.

“Pada tanggal 19 Agustus 2024 bakal ditentukan apakah pasangan ini memenuhi syarat. Jika ya, pendaftaran final bisa dilakukan pada 27 Agustus. Namun, saja bisa membatalkan calon pencalonannya,” tuturnya.

Sundaya – Aa Maulana adalah satu-satunya pasangan calon bupati Bandung Barat nan mendaftar melalui jalur independen.

Kendati itu, dalam tahap verifikasi aktual pertama, KPU KBB melakukan sensus terhadap 94.837 support nan dimiliki.

Dari jumlah tersebut, kata dia kembali, ditemukan 81.542 support memenuhi syarat (MS) dan 13.295 support tidak memenuhi syarat (TMS), meninggalkan kekurangan sekitar 4.120 dukungan.

Ia menjelaskan, syarat minimal support untuk lolos adalah 85.662 alias 6,5 persen dari jumlah masyarakat nan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Oleh lantaran itu, Sundaya – Aa Maulana tidak lolos verifikasi aktual pertama.

KPU KBB bakal mencocokkan support info dengan nomor induk kependudukan, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, dan alamat berasas Kartu Tanda Penduduk Elektronik alias surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam proses verifikasi aktual ini, KPU KBB menggunakan metode sensus untuk semua support info nan telah lolos verifikasi administrasi, melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada KBB 2024.

“Dukungan ini tersebar di lebih dari 10 kecamatan, sehingga kami melibatkan PPK dan PPS di setiap kecamatan,” ujar Ripqi kembali.

Jika dalam verifikasi ditemukan identitas nan berprofesi sebagai personil TNI, Polri, ASN, pegawai BUMN, kepala desa, perangkat desa, alias penyelenggara dan pengawas Pilkada, support tersebut bakal dicoret.

“Itu kategori nan tidak dapat memberikan dukungan. Jika ditemukan saat verifikasi, support tersebut bakal langsung dikeluarkan,” tegas Ripqi menandaskan.

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber sekitarkita.id politik
sekitarkita.id politik