Bukan Pep Guardiola, Timnas Inggris Sudah Tunjuk Sosok Lain untuk Gantikan Gareth Southgate

Sedang Trending 6 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Inggris mengambil langkah kejutan dalam pencarian sosok baru untuk menggantikan Gareth Southgate nan cabut dari bangku pembimbing usai kalah di final Euro 2024.

Setelah santer diklaim mau menyewa jasa manajer Manchester City Pep Guardiola, FA Inggris baru-baru ini justru menunjuk Thomas Tuchel untuk menukangi Harry Kane dan kawan-kawan mulai Januari 2025.

Melansir laporan BBC, penunjukan tersebut sekaligus membikin Tuchel menjadi manajer tetap non-Inggris ketiga nan ditugaskan memimpin skuad The Three Lions sepanjang sejarah.

Sebelumnya, Timnas Inggris juga sempat memberi kepercayaan kepada Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello untuk menduduki bangku ahli taktik.

Sementara itu, Lee Carlsey nan saat ini bekerja sebagai manjaer interim bakal tetap di posisinya saat Inggris menghadapi Yunani dan Irlandia dalam laga Nations League, November mendatang.

Setelahya, dia baru bakal dikembalikan ke kedudukan ahli strategi Timnas Inggris U-21, diikuti dengan penempatan Thomas Tuchel sebagai pembimbing tetap baru The Three Lions.

Berita Video, Bayern Munchen mengumumkan pisah dengan Thomas Tuchel di akhir musim panas pada Rabu (21/2/2024)

Target Thomas Tuchel di Timnas Inggris

Masih merujuk pada laporan BBC, perkenalan Thomas Tuchel sebagai manajer baru Timnas Inggris diperkirakan bakal digelar pada Rabu siang waktu setempat di Wembley.

Sang pembimbing selanjutnya diberi sasaran utama untuk memimpin The Three Lions melewati fase kualifkasi Piala Dunia 2026 agar bisa tembus ke putaran final nan berjalan di Amerika Serikat, Kanada, serta Meksiko.

Tuchel sendiri dianggap sudah berkawan dengan atmosfer sepak bola Inggris karena dia pernah melatih Chelsea dari periode Januari 2021 hingga September 2022.

Kala itu, ahli strategi asal Jerman sempat mempersembahkan trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, serta Piala Super UEFA sebelum diusir dari Stamford Bridge.

Durasi Kontrak Thomas Tuchel di Timnas Inggris

Sementara itu, melansir pemberitaan Sky Germany via Sky Sports, Thomas Tuchel diikat kesepakatan berdurasi 18 bulan oleh FA Inggris nan efektif bertindak per 1 Januari 2025.

Pihak asosiasi sejak awal memang tak keberatan mempekerjakan ahli strategi nan bukan penduduk negara Inggris, karena konsentrasi utama mereka hanyalah mencari sosok nan layak menempati kedudukan tersebut.

Selain Pep Guardiola nan sempat didekati FA, Lee Carsley selaku manajer interim sebenarnya juga pernah digadang-gadang sebagai kandidat pembimbing permanen Timnas Inggris. Namun, kurangnya kejelasan soal ambisinya di posisi itu membikin spekulasi memudar dalam beberapa hari terkahir.

Sementara itu pengangkat Tuchel oleh FA Inggris juga bakal sekaligus mengakhiri keterkaitannya dengan Manchester United. Sebelumnya, klub berjuluk The Red Devils sempat santer diklaim menjadikan dia sebagai kandidat suksesor kuat Erik ten Hag.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga