BRI Dukung UMKM Kopi Bandung 'Gravfarm' Ikuti Expo di AS

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) alias BRI membuktikan support terhadap upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk 'go ekspor' melalui keberangkatan UMKM nan bergerak di sektor industri kopi ke aktivitas Specialty Coffee Expo (SCE) di Chicago, Amerika Serikat pada 12-14 April lalu.

Gravfarm berangkat setelah dinyatakan lolos tahap kurasi BRI nan antara lain mencakup kriteria kualitas kopi spesialti, aspek pencarian dan keberlanjutan, serta sertifikasi.

Direktur Commercial, Small, dan Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan dengan support dari BRI, diyakini kopi Indonesia sebagai salah satu komoditas unggul mulai dari Aceh hingga Papua dapat bersaing dan merajai pasar mancanegara. Terlebih, AS mempunyai potensi dan kesempatan pemasaran nan sangat besar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pesatnya perkembangan industri kopi di AS dan dunia mengharuskan Indonesia untuk lebih memperkuat branding Indonesia sebagai negara penghasil beragam biji kopi spesialti nan mempunyai cita rasa dan kualitas nan tinggi. Untuk itu BRI datang mendukung semangat ekspor bagi UMKM bimbingan didorong dengan program-program unggulan kami misalnya melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR," kata Amam.

BRI sendiri dipastikan berfokus mendorong pengembangan pangsa pasar UMKM dan menjadi rantai pasok global, salah satunya untuk industri kopi. Beberapa program pemberdayaan BRI nan mendukung kemajuan UMKM termasuk UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Growpreneur, BRIncubator, dan Rumah BUMN.

Menurut Amam, BRI bakal terus mendorong para stakeholder membangun industri kopi menjadi ekosistem nan lebih efisien dan berkelanjutan.

"Sehingga semua pelaku ekosistem kopi dari petani di tingkat hulu hingga pengusaha ritel di hilir kian sejahtera" katanya.

Amam menambahkan, keikutsertaan dalam SCE 2024 merupakan tindaklanjut dari kenaikan kelas upaya nan sukses diraih Gravfarm lewat support perbankan dari BRI, khususnya menggaet pasar dunia melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023.

Berangkat ke AS, Gravfarm Apresiasi Dukungan BRI

Lucy Tedjasukmana selaku produsen dan pemilik Gravfarm mengungkapkan, dirinya berkeinginan memperkenalkan kelebihan kopi Indonesia, sekaligus memperluas pemasaran Gravfarm ke pasar internasional pada arena SCE 2024.

"Kami ucapkan terima kasih kepada BRI nan telah memberikan kesempatan untuk ambil bagian dalam SCE 2024," kata Lucy.

Dia menjelaskan, pasar kopi di Amerika merupakan barometer kopi spesial di dunia. Gravfarm sendiri adalah produsen kopi asal Bandung nan mengedepankan prinsip green economy, di mana biji kopi diproses dengan perpaduan teknologi canggih dan tradisional menggunakan metode pengolahan Zero Waste demi keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan.

Seluruh produk Gravfarm dilengkapi sertifikasi berstandar internasional (HACCP), halal, hingga SNI. Produk kopi nan dihasilkan adalah jenis Arabica dan Robusta, dijual dalam corak green bean dan kopi siap sangrai dengan merek GRAVFARM 1831, Java Toebroek, Hyang, Dandelion, Get Borbor, Ireng, Nusantara Series, dan juga kopi curah.

Saat ini, kopi Gravfarm dipasarkan di lokal dan internasional. Untuk pasar lokal, Gravfarm dipasarkan melalui modern channel, e-commerce, dan juga melalui pemasok serta reseller ke seluruh negeri, baik untuk pasar retail rumah tangga, cafe, resto dan hotel.

Sementara di luar negeri, Gravarm bisa diperoleh di Slovakia, Jerman, AS, Belgia, Jepang, China, hingga Malaysia.

Untuk diketahui, Indonesia telah 15 kali berperan-serta dalam event SCE. Tahun ini, dengan mengusung tema "Remarkable Indonesian Coffee: Home of World's Finest Coffee", Indonesia menghadirkan 12 UMKM unggulan.

Keterlibatan Gravfarm pada SCE 2024 selama 3 hari penyelenggaraan pun mencatatkan kemungkinan kerja sama senilai US$616 ribu dari pembeli AS dan Eropa.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com