Bikin Merinding, Indonesia Pusaka dan Kebyar-Kebyar Bergema di Stadion GBK Iringi Kemenangan Timnas Indonesia

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno bergemuruh selepas kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (11/6/2024).

Suporter serempak mengumandangkan deretan lagu sebagai corak semangat dan nasionalisme setelah skuad Garuda menyegel kemenangan 2-0 atas The Azkals.

Seperti diketahui, pasukan Merah Putih memang tampil dominan sejak babak pertama. Meski sempat susah mengonversi kesempatan menjadi gol, anak-anak asuh Shin Tae-yong pada akhirnya bisa memimpin lewat tendangan dari luar kotak penalti Thom Haye pada menit 32.

Skor 1-0 memperkuat sampai turun minum. Namun, Rizky Ridho pada akhirnya menggandakan kelebihan lewat gol nan memanfaatkan umpan Nathan Tjoe-A-On di menit 56.

Timnas Indonesia sudah di periode kemenangan memasuki 10 menit akhir waktu normal. Suporter lantas mengubah suasana stadion nan tadinya panas akibat pertandingan menjadi hangat berkah kumandang lagu Indonesi Pusaka buatan Ismail Marzuki..

Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta

Pusaka kekal nan jaya

Indonesia sejak dulu kala

Tetap dipuja-puja bangsa

Di sana tempat lahir beta

Dibuai dibesarkan bunda

Tempat berlindung di hari tua

Sampai akhir menutup mata

Demikian bunyi nyanyian para suporter nan sembari mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Berita video pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, berjanji bakal berikan nan terbaik dan berupaya semaksimal mungkin demi suporter Timnas Indonesia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Lagu Kebyar-Kebyar dan Tanah Airku Juga Dinyanyikan

Tak hanya mengumandangkan lagu Indonesia Pusaka, Kebyar-Kebyar dan Tanah Airku juga bergema selepas laga. Hal itu menjadi corak seremoni kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina.

Adapun berkah hasil ini, Timnas Indonesia berkuasa melaju ke putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad racikan Shin Tae-yong tercatat telah mengumpulkan 10 poin dari 6 pertandingan.

Dengan demikian, perolehan poin pasukan Garuda sudah tidak lagi terkejar dari rival terdekatnya Vietnam di urutan 3. Pasalnya, The Golden Star baru mengumpulkan 6 poin dengan 1 laga tersisa.

Dipuji Tom Saintfiet

Adapun tindakan dan support suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sukses mendapat sorotan dari pembimbing Filipina Tom Saintfiet. Dia kagum dengan suasana stadion dan mengaku belum pernah menyaksikan atmosfer serupa sebelumnya.

"Atmosfer luar biasa di stadion ini. Sepanjang 27 tahun pekerjaan kepelatihan saya, saya tidak pernah merasakan atmosfer seperti ini," tuturnya dalam konvensi pers selepas laga, Selasa (11/6/2024). 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga