Dilatih Hector Souto, Timnas Futsal Indonesia Ditargetkan Lolos Final Piala AFF 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Futsal Indonesia resmi memperkenalkan pembimbing barunya ialah Hector Souto. Pria Spanyol itu dipatok sasaran jangka pendek membawa timnas futsal Indonesia setidaknya lolos ke final Piala AFF Futsal 2024 nan bakal berjalan 4 sampai 10 November 2024.

Hector Souto sebenarnya sudah dipastikan menangani timnas futsal Indonesia sejak pertengahan Agustus 2024. Namun Souto baru tiba di Indonesia pada Sabtu 7 September 2024. Dia langsung diperkenalkan oleh Sekjen Federasi Futsal Indonesia, Michael Victor Sianipar.

Souto dikontrak selama setahun terlebih dulu. Sebelum menginjakkan kaki di Jakarta, Souto sudah memantau perkembangan pemain lewat tayangan langsung pertandingan. Dia rela begadang menyaksikan pertandingan di Indonesia dari negaranya Spanyol.

“Saya sangat antusias untuk memulai perjalanan ini berbareng timnas futsal Indonesia. Kami bakal bekerja keras untuk mencapai sasaran nan telah ditetapkan, ialah meningkatkan ranking tim dan meraih prestasi di beragam kompetisi,” ungkap Hector Souto.

“Kami bakal membangun tim nan mempunyai kerja sama solid, kekuatan perseorangan nan luar biasa, serta tekad nan tak tergoyahkan untuk meraih kemenangan.”

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Target untuk Souto

Target besar dipatok FFI untuk Souto. FFI mau Souto bisa mengulangi prestasi sebelumnya dengan masuk final Piala AFF Futsal 2024. Bila sudah lolos ke final, Indonesia bakal mengintip kesempatan untuk mengalahkan Thailand. Pada Piala AFF Futsal jenis sebelumnya, timnas Indonesia nyaris menang di final melawan Thailand sebelum kalah dramatis.

"Target jangka pendek kita dengan Souto,k ita berambisi bisa masuk final. Ada musuh kuat di level ASEAN ini. Dengan persiapan nan baik kita minta bisa juara. Tapi nan krusial ke final dulu. Target menengah ada rencana di 2026 diharapkan bisa jadi tuan rumah Piala Asia nan sedang di telaah dengan PSSI dan Kemenpora," tutur Michael.

Kiprah Souto di Indonesia

FFI sendiri punya beragam pertimbangan memilih Souto sebagai pembimbing baru timnas futsal Indonesia. Proses penunjukkan laki-laki 42 tahun tersebut juga dilakukan melalui proses nan panjang dan berliku.

"Proses penunjukkan Souto panjang selama dua bulan. Kami konsultasi dengan atlet, mantan pembimbing dan mantan pemain. Kemudian mengerucut ke empat nama. Kita lihat CV Souto kuat dan pernah melatih di klub Indonesia. Kontraknya setahun kita bakal lihat perkembangannya. Tapi kami percaya bakal berprestasi. Kami bakal mendukung penuh apapun nan mau dilakukan Souto untuk kesuksesan timnas," sambung Michael.

Souto mencuri perhatian setelah bisa membawa klub Bintang Timur Surabaya keluar sebagai juara Liga Futsal Profesional dua kali berturut-turut dan Juara AFF Futsal Club 2022

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga