Bamsoet: Anindya Bakrie Sah Jadi Ketua Umum Kadin, Dilantik Besok

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bambang Soesatyo menyatakan pengangkatan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin sah. Pelantikan Anindya bakal dilakukan pada Senin (15/9).

"Besok kita pelantikan, tadi baru pengesahan, sudah sah, besok dilantik," ujar Bamsoet usai Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) nan digelar di Hotel St Regist Jakarta, Sabtu (14/9), diberitakan CNBC Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anindya terpilih sebagai ketua umum secara aklamasi di Munaslub nan dihadiri 28 dari 34 Kadin Provinsi dan 25 asosiasi. Menurut Bamsoet lantaran peserta Munaslub adalah ketua Kadin wilayah kebanyakan dan mencapai aklamasi, maka Anindya sah menjadi ketua umum dan tak menyalahi AD/ART organisasi.

Bamsoet memaparkan dalam AD/ART disebut pemilihan ketua umum dalam Munaslub sudah bisa ditetapkan jika wilayah memerlukan ketua baru, tanpa kudu ada pelanggaran nan dilakukan ketua umum nan tengah menjabat.

"Udah selesai tadi, secara aklamasi dari 28 ketua-ketua umum Kadin wilayah hadir, 25 asosiasi, ketua juga hadir, secara aklamasi sudah terpilih Pak Anin (Anindya),"

Proses pemilihan dalam Munaslub ini dipimpin oleh Nurdin Halid. Acara ini juga dihadiri Wakil Ketua Kadin Erwin Aksa, Presiden Komisaris PT Blue Bird Tbk Bayu Priawan sebagai Ketua Pelaksana Munaslub Kadin 2024 hingga Menteri Investasi alias Kepala BKPM Rosan Perkasa Roeslani.

"Besok kita pelantikan, tadi baru pengesahan, sudah sah, besok dilantik," ucap Bamsoet.

Anindya, nan menggantikan ketua umum sebelumnya, Arsjad Rasjid, mengatakan Kadin adalah mitra strategis pemerintah. Dia mau menjalin hubungan kuat dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan penggantinya Prabowo Subianto.

"Kadin itu adalah mitra strategis pemerintah, jadi mudah-mudahan apa nan diputuskan tadi bisa membikin hubungan dengan pemerintah bisa makin baik," kata Anindya.

Sementara Arsjad kemungkinan bakal memberi pernyataan resmi dalam konvensi pers nan bakal digelar besok, Minggu (15/9), berbareng Dewan Pengurus Kadin Indonesia nan menyatakan Munaslub tidak sah.

(fea)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com