3 Tahun Holding UMi, BRI Group Layani 176 Juta Nasabah Simpanan

Sedang Trending 6 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Holding Ultra Mikro (UMi) nan terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mencatatkan pelayanan terhadap lebih dari 176 juta pengguna simpanan dan 36,1 juta pengguna pinjaman/debitur, dengan total penyaluran pembiayaan lebih dari Rp622,3 triliun pada usia ketiga tahun.

Direktur Utama BRI, Sunarso menyampaikan apresiasi atas support seluruh pihak dalam perjalanan Holding UMi selama tiga tahun terakhir.

"Kami berterima kasih kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo, Kementerian BUMN RI, regulator, seluruh pengguna dan masyarakat nan telah menjadi bagian dari perjalanan kami. Tiga tahun ini merupakan awal dari langkah panjang kami untuk terus meningkatkan inklusi finansial dan memberdayakan pelaku upaya ultra mikro di Indonesia," kata Sunarso.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ke depannya, Sunarso menegaskan bahwa BRI bakal terus berinovasi dan bekerja-sama menciptakan jasa finansial nan lebih inklusif, mudah diakses, dan berkelanjutan.

"Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu mewujudkan visi pemerintah dalam memperkuat ekonomi kerakyatan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas," katanya.

Pada kesempatan berbeda, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, keberadaan Holding UMi sejak 2021 merupakan upaya Kementerian BUMN membentuk ekosistem antara BRI, Pegadaian dan PNM guna meningkatkan daya saing UMKM.

Erick mengatakan, BUMN dan UMKM kudu terus bekerja-sama mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Dirinya menyebut, Holding UMi tak bakal berakhir melayani pelaku upaya ultra mikro dan UMKM, sejalan dengan komitmen keberpihakan terhadap pelaku upaya ultra mikro dan UMKM.

"Dengan jumlah UMKM nan mencapai 65 juta, kontribusinya tidak main-main bagi ekonomi Indonesia dengan menyumbang 61 persen dari PDB, dan 97 persen penyerapan tenaga kerja pun berasal dari UMKM," ujar Erick.

4 Capaian Holding UMi pada 2021-2024

Menginjak usia ketiga tahun, berikut adalah sejumlah capaian BRI, Pegadaian, dan PNM nan tergabung sebagai Holding UMi:

Perluasan Akses Pembiayaan

Dalam tiga tahun, Holding UMi sukses membuka akses jasa perbankan umum bagi pelaku upaya ultra mikro. Saat ini, ekosistem UMi mempunyai lebih dari 36,1 juta pengguna pinjaman/debitur, nan terdiri dari 13,4 juta debitur mikro BRI, 15 juta debitur wanita PNM, dan 7,7 debitur gadai Pegadaian.

Keberhasilan ini adalah hasil dari strategi kolaboratif nan memadukan kekuatan BRI dalam perbankan mikro, skill Pegadaian dalam jasa gadai, dan pengalaman PNM dalam pendampingan upaya mikro.

Peningkatan Inklusi Keuangan

Sebagai upaya percepatan inklusi finansial di Indonesia, Holding UMi mengadakan penemuan berupa pengembangan jasa keuangan, nan bermaksud memudahkan akses bagi masyarakat nan tidak mempunyai akses jasa perbankan.

Hingga saat ini, jumlah pengguna simpanan mikro mencapai 176 juta, dengan volume simpanan sebesar Rp313,9 triliun. Selain tabungan, masyarakat juga menikmati jasa 15,2 juta polis micro insurance, 3,1 juta pengguna tabungan emas serta 35,2 juta user super apps BRImo. Inisiatif tersebut diyakini mendorong peningkatan inklusi keuangan, terutama di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Menghadirkan 1.025 Co-Location Senyum

Selama tiga tahun, Holding UMi memperkuat sinergi untuk menciptakan ekosistem jasa finansial nan terpadu dan berkepanjangan melalui beragam inisiatif, termasuk Sinergi Layanan Terintegrasi alias biasa disebut co-location Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro).

Co-location Senyum ini telah diimplementasikan di 1.025 titik, dengan tujuan mempermudah pengguna mengakses beragam produk dan jasa dari BRI, Pegadaian, dan PNM dari satu tempat.

Ekosistem UMi juga mengintegrasikan 75 ribu tenaga pemasar, sehingga akses finansial nan diberikan jadi lebih komprehensif. Dengan metode ini, Holding UMi bisa meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan layanan.

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Mengusung komitmen memberdayakan dan mengedukasi nasabah, Holding UMi menggelar beragam program training dan pendampingan upaya seperti Literasi Keuangan melalui Link UMKM, BRI Menanam dan Program Menabung Kelompok Mekaar nan memberikan training kewirausahaan, manajemen keuangan, dan pemasaran digital bagi pelaku upaya ultra mikro.

Manfaat dari beragam program pemberdayaan Holding UMi itu pun telah dirasakan jutaan pelaku upaya mikro dan ultra mikro, nan berkontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com