2 Alasan Uzbekistan Layak Diwaspadai Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB. Laga ini jadi ujian terbesar bagi Garuda Muda sepanjang turnamen.

Pasalnya, Uzbekistan sudah menunjukkan kualitas yang terlihat lewat statistik. Pasukan Timur Kapadze memimpin dalam jumlah gol dan belum kebobolan dari empat pertandingan yang dilakoni.

“Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat, dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang. Mungkin itu faktor yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini,” tutur pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

Perbandingan statistik Indonesia vs Uzbekistan

Indonesia

Total Tembakan: 59 (peringkat 5)

Tembakan Tepat Sasaran: 16 (peringkat 4)

Total Gol: 7 (peringkat 3)

Top Skor: Rafael Struick (2 gol)

Clean sheets: 1 kali (kebobolan 5)

Total passing: 1.613 (peringkat 5)

Uzbekistan

Total Tembakan: 78 (peringkat 1)

Tembakan Tepat Sasaran: 29 (peringkat 1)

Total Gol: 12 (nomor 1)

Top Skor: Alisher Odilov (2 gol)

Clean sheet: 4 kali (kebobolan 0)

Total passing: 2.061 (peringkat 2)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade 2024

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap percaya bisa membawa Garuda Muda meraih kemenangan sehingga lolos ke Olimpiade Paris 2024. “Saya minta maaf karena sebenarnya saya tidak tahu mengenai partisipasi (timnas sepak bola) Indonesia di Olimpiade sebelumnya," katanya.

"Saya dengar terakhir kali bermain di Olimpiade adalah di Melbourne, 68 tahun yang lalu. Bagaimanapun, kali ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade.”

“Saya tidak memiliki tekanan. Saya hanya menikmati momen ini bersama para pemain. Kali ini saya akan membuat tim Indonesia melaju ke panggung Olimpiade,” tegas pria asal Korea Selatan itu.

Bidik Kemenangan atas Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong sempat menangani timnas Indonesia saat menghadapi Uzbekistan pada fase grup Piala Asia U-20 2023. Saat itu kedua tim bermain imbang tanpa gol, namun Uzbekistan yang berstatus sebagai tuan rumah melaju ke fase gugur, sedangkan Indonesia tersingkir.

Uzbekistan bahkan mampu melaju ke last dan menjadi juara Piala Asia U-20 untuk pertama kalinya tahun lalu. Meski menelan pil pahit dari ajang tersebut, Shin yakin akan mampu mempersiapkan kekuatan terbaik skuadnya, dan mendapatkan hasil yang lebih baik pada pertandingan besok.

“Secara pribadi sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah dari Uzbekistan meski mereka sangat bagus dengan anggota yang baik pula. Saya memiliki kenangan baik dan perasaan yang baik pula. Maka kami memerlukan perasaan yang bagus dan keberuntungan. Saya juga akan memiliki persiapan yang bagus,” ujar Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga