Usung Tema Keris, Madura Ethnic Carnival Sumenep 2024 Segera Dimulai

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

SUMENEP: Madura Ethnic Carnival (MEC) Sumenep 2024, bakal segera dimulai. Itu ditandai dengan ditutupnya pendaftaran peserta pada hari ini tanggal 10 September 2024.

Gelaran event bergengsi ini dalam rangka menyongsong hari jadi Kabupaten Sumenep pada bulan Oktober mendatang. MEC 2024 mengusung tema keris sebagai simbol keabadian Kota Keris, Sumenep.

“Kami terus berupaya agar Madura Ethnic Carnival ini tidak hanya menarik sebagai sebuah event budaya, tapi juga bisa meninggalkan kesan dan akibat positif bagi masyarakat luas,” kata Ketua Panitia MEC 2024, Nur Khalis.

MEC 2024 bakal digelar pada 21 September mendatang dengan rute nan bakal dimulai dari depan Labang Mesem Keraton Sumenep dan berhujung di sisi barat Taman Bunga.

“Sampai sekarang pendaftar nan datanya masuk kepada kami sudah lumayan. Bukan hanya teman-teman pembuat di Madura, tapi juga dari luar daerah,” jelasnya.

Adapun persiapan pelaksanaan, dia menyebut sekarang sudah sekitar 85 persen. Selama beberapa bulan terakhir, panitia telah bekerja keras menyiapkan segala perincian kebutuhan event tersebut.

MEC merupakan event karnaval busana terbesar di Madura nan diinisiasi oleh Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) bekerja sama dengan Pemkab setempat.

Tahun ini, MEC mengangkat tema “Keris”, sebuah simbol adiluhung nan mengandung nilai-nilai budaya dan sejarah. Tema ini diharapkan dapat menginspirasi produktivitas para peserta dalam merancang busana nan bakal dipamerkan dalam aktivitas tersebut.

Menurut panitia, format aktivitas MEC 2024 tetap mempertahankan komponen kejuaraan dan grand show, namun cakupan peserta diperluas hingga tingkat nasional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan lebih memperkenalkan kekayaan budaya Madura ke seluruh penjuru Indonesia.

“Kami berharap, pagelaran ini tidak hanya menjadi arena kreatifitas, tetapi juga dapat memberikan akibat ekonomi nan luas bagi masyarakat, khususnya di Madura,” tegasnya.

Navigasi pos

Sumber kabarjatim.com
kabarjatim.com