UEFA Perketat Keamanan Setelah Cristiano Ronaldo Diserbu Fans Cilik

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - UEFA bakal menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan untuk pertandingan Euro 2024 dan mengusulkan tuntutan pidana terhadap suporter nan menyerbu lapangan. Langkah ini diambil setelah enam penonton mencoba mengambil foto dengan Cristiano Ronaldo saat Portugal mengalahkan Turki pada persaingan Grup F di Dortmund, akhir pekan lalu.

Wasit asal Jerman, Felix Zwayer, terpaksa menghentikan pertandingan nan berhujung dengan kemenangan 3-0 untuk Portugal pada empat kesempatan berbeda akibat ulah fans nan berlari ke lapangan dan menuju Ronaldo.

Bahkan setelah peluit akhir dibunyikan, dua pendukung lainnya berupaya mendekati mantan penyerang Manchester United, Juventus, dan Real Madrid tersebut.

Melihat kejadian ini, pelatih timnas Portugal Roberto Martinez menyuarakan keprihatinannya atas keselamatan para pemain. "Jika seorang fans mempunyai niat jahat daripada sekadar mencoba mengambil selfie, situasinya bisa berbahaya," kata Martinez.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Keamanan Ditingkatkan di Semua Lokasi Euro 2024

Merespon itu, UEFA juga memutuskan untuk meningkatkan keamanan di semua letak untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

“Keselamatan dan keamanan di stadion, di lapangan, dan di akomodasi tim adalah prioritas utama UEFA, DFB (Asosiasi Sepak Bola Jerman), dan Euro 2024,” kata ahli bicara UEFA kepada ESPN.

"Untuk tujuan ini, langkah-langkah keamanan tambahan bakal diterapkan di stadion-stadion untuk lebih memenuhi persyaratan turnamen dan mencegah kejadian seperti itu."

UEFA juga telah mendesak polisi Jerman untuk mengambil tindakan terhadap penonton nan berlari ke lapangan. Penonton nan melanggar bakal dilarang datang lagi ke stadion di sisa turnamen dan diseret ke pengadilan.

"Setiap pelanggaran ke dalam lapangan merupakan pelanggaran peraturan stadion dan bakal mengakibatkan pengusiran dari stadion, larangan mengikuti semua pertandingan turnamen, dan pengajuan tuntutan pidana resmi atas pelanggaran," tambah ahli bicara UEFA.

Portugal Lolos ke Babak 16 Besar

Dengan kemenangan atas Turki, Portugal telah mengamankan tempat di babak 16 besar sebagai pemenang Grup F. Mereka bakal memainkan pertandingan grup terakhir melawan Georgia di Gelsenkirchen, Kamis (27/6/2024). Pemenang Euro 2016 ini kemudian bakal menghadapi salah satu dari ranking ketiga terbaik pada babak 16 besar di Frankfurt, 1 Juli mendatang.

Keputusan untuk meningkatkan keamanan menunjukkan kesungguhan UEFA dalam menjaga keselamatan pemain dan integritas turnamen. Dengan langkah-langkah baru ini, diharapkan tidak ada lagi kejadian nan mengganggu jalannya pertandingan dan menakut-nakuti keselamatan para pemain.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga