Telkomsel IndonesiaNEXT S8: #UpskilltoInnovate Talenta Muda Digital

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Di era digital nan kian berkembang pesat, kebutuhan bakal talenta digital nan mumpuni menjadi kunci utama kemajuan bangsa. Telkomsel memahami perihal ini dengan menyelenggarakan program IndonesiaNEXT Season 8, sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) nan konsentrasi pada pengembangan generasi muda technopreneur.

Mengusung tema #upskilltoinnovate, IndonesiaNEXT Season 8 bermaksud untuk mengakselerasi peningkatan keahlian technopreneur muda Indonesia dan melahirkan talenta digital nan andal.

Program ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menciptakan akibat sosial positif melalui pemberdayaan masyarakat, dan selaras dengan proses upaya berkepanjangan perusahaan nan mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Proyeksi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mencatat, pada 2030 kebutuhan bakal talenta digital mencapai 9 juta.

Maka dari itu, program ini diharapkan dapat menjadi digital talent accelerator nan andal dalam mendorong penemuan generasi muda dan membantu mereka meraih kesempatan karir nan cemerlang di era digital.

IndonesiaNEXT Season 8 tidak hanya memberikan sertifikasi dan modul berbasis teknologi kepada para peserta, tetapi juga membekali mereka dengan beragam hard skill dan soft skill nan dibutuhkan untuk menjadi technopreneur sukses.

Bootcamp intensif nan diadakan juga diharapkan bakal memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mempraktikkan secara langsung apa nan telah mereka pelajari dan mendapatkan pengarahan dari para mentor berpengalaman.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat & Tanggung Jawab Sosial Telkomsel, Saki H. Bramono, menyampaikan bahwa IndonesiaNEXT kembali datang untuk mempercepat pengembangan keahlian digital generasi muda. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk terus menciptakan akibat sosial positif dalam proses upaya berkepanjangan nan mengedepankan prinsip-prinsip ESG.

"Dengan menjangkau lebih dari 79 ribu peserta dari 695 perguruan tinggi sejak 2016, Telkomsel berambisi IndonesiaNEXT sebagai digital talent accelerator dapat menghadirkan kontribusi nan signifikan terhadap kemajuan Indonesia dan mendukung pemenuhan kebutuhan bakal talenta digital andal dan berkekuatan saing tinggi di masa depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/5).

IndonesiaNEXT Season 8 terdiri dari empat tahap, Certification, Ideation Bootcamp, MVP Bootcamp, dan Awarding. Hingga 1.000 peserta terpilih bakal mendapatkan training dasar dan International Certification nan bekerja sama dengan platform Kuncie.

Tahap selanjutnya bakal melibatkan pengembangan keahlian teknis seperti Data Analytics, UI/UX, Digital Marketing, Communications, hingga Machine Learning nan merupakan bagian dari pondasi pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI). IndonesiaNEXT bakal diakhiri dengan Awarding bagi 9 peserta terbaik.

Adapun dalam tahapan kegiatannya, IndonesiaNEXT bakal menghadirkan kerjasama dengan alumni program impact startup incubator Telkomsel NextDev sebagai mentor, Kuncie, untuk pengembangan kurikulum dan sertifikasi, serta Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) untuk keselarasan dengan kebutuhan industri digital saat ini.

Pendaftaran untuk IndonesiaNEXT Season 8 tetap dibuka hingga 31 Mei 2024. Calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman indonesianext.co.id.

Program ini bakal membagi peserta ke dalam 3 kategori, Hustler, Hipster, dan Hacker, nan masing-masing menitikberatkan pada minat dan pengembangan keahlian nan berbeda.

IndonesiaNEXT merupakan bagian dari peta jalan ekosistem penemuan digital Telkomsel nan mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO.

Secara keseluruhan, ekosistem penemuan ini ditujukan untuk mengembangkan penemuan berbareng para stakeholders nan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Saki menambahkan, IndonesiaNEXT bukan hanya program CSR, tetapi juga bentuk komitmen nyata Telkomsel dalam menciptakan akibat positif bagi masyarakat Indonesia. Komitmen ini diwujudkan melalui upaya peningkatan kapabilitas dan daya saing talenta digital muda Indonesia.

"Sebagai penyedia jasa telekomunikasi digital terdepan Indonesia, Telkomsel bakal terus menghadirkan ragam penemuan nan dapat memberdayakan masyarakat untuk meraih hari nan lebih baik dan masa depan nan lebih cerah," imbuh dia.

Informasi lebih lanjut mengenai IndonesiaNEXT dapat diakses melalui media sosial IndonesiaNEXT di Instagram, Facebook, X/Twitter, LinkedIn, YouTube, dan TikTok. (rir)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com