Tatap Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Soroti Perbedaan Ranking Timnas Indonesia dan Australia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal melakoni laga lanjutan grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad racikan Shin Tae-yong dijadwalkan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Duel kali ini bakal menjadi kesempatan kedua bagi skuad Garuda mengumpulkan tambahan poin, setelah sebelumnya mendulang satu nomor dari hasil seri melawan Arab Saudi di Jeddah, Jumat (6/9/2024).

Hanya saja pembimbing Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai duel melawan Australia tak bakal melangkah mudah, terutama mengingat adanya perbedaan ranking FIFA nan signifikan antara skuad Garuda dengan Socceroos. Australia saat ini menduduki ranking 24 FIFA, sementara Indonesia hanya bertengger di urutan 133.

"Pertandingan besok memang tidak mudah bagi kami lantaran Australia ini FIFA rankingnya 20-an sedangkan Indonesia 130-an. Jadi ini pasti bakal jadi pertandingan nan sangat susah bagi kami," ujar Shin Tae-yong dalam konvensi pers jelang pertandingan di SUGBK, Senin (9/9/2024) sore WIB.

"Akan tetapi, para pemain tidak bakal pernah menyerah. Bagaimana pun caranya, mereka (penggawa Timnas Indonesia) bakal menjadikan laga home ini sebagai pertandingan nan bagus melawan Australia," tambah Shin Tae-yong.

Berita video penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes, mengaku sudah tak sabar bermain di hadapan ratusan ribu suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Antisipasi Serangan Australia

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga menggarisbawahi potensi intensitas serangan tinggi dari Australia sepanjang pertandingan di SUGBK. Meski enggan membicaran taktik, pembimbing asal Korea Selatan menjamin pihaknya bakal menyiapkan solusi guna mengantisipasi situasi ini.

"Saya tidak bisa bicarakan strategi di sini, tetapi kita bisa lihat dari FIFA ranking, kita mau menyerang pun pasti (ujung-ujungnya) bakal lebih banyak bertahan," saya Shin Tae-yong kepada awak media.

"FIFA ranking Australia 20-an, kita 130-an. Tapi, saya sebagai pembimbing Timnas Indonesia, gimana pun bakal memikirkan (solusi) untuk itu," sambungnya dalam konvensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (9/9/2024).

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Australia

Dari segi rekor pertemuan, Timnas Indonesia sejauh ini memang susah unggul atas Australia. Dalam total 19 pertemuan sejak November 1967, skuad Garuda hanya pernah sekali menang dari Socceroos.

Adapun kemenangan itu tersaji ketika mereka berjumpa di Kualifikasi Piala Dunia 1982. Sementara itu itu dalam pertemuan terakhir di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia malah dihajar telak 4-0.

5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia vs Australia

14 Agustus 1992: Indonesia 0-3 Australia

29 Maret 2005: Australia 3-0 Indonesia

28 Januari 2009: Indonesia 0-0 Australia

03 Maret 2010: Australia 1-0 Indonesia

28 Januari 2024: Australia 4-0 Indonesia

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga