Sudah 37 Tahun, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Mulai Bersiap Hadapi Masa Pensiun

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Pemain naturalisasi timnas Indonesia Osas Saha memang belum berencana pensiun dari sepak bola. Dia tetap bakal bermain di Liga 1 2024/2025. Namun Osas Saha perlahan mulai mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun.

Di usia nan sudah 37 tahun, Osas Saha musim lampau memperkuat klub asal Papua PSBS Biak nan bermain di Liga 2. Osas turut membantu PSBS Biak meraih tiket promosi ke Liga 1 2024/2025 dengan menjadi juara di Liga 2.

Osas memastikan tetap bakal bermain berbareng PSBS Biak pada musim mendatang di Liga 1. Namun dia terlambat berasosiasi dalam pemusatan latihan PSBS lantaran kudu mengurusi upaya di luar lapangan. Osas mengaku sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun dengan menekuni bumi usaha.

"Musim 2024/2025 saya tetap main sepak bola. Masih di situ (PSBS Biak). Cuma saat ini saya belum berasosiasi saja. Jadi saya mau menyelesaikan urusan upaya ini dulu dan saya meminta izin ke manajemen dulu," ujar Osas kepada media, Jumat (5/7/2024).

Osas Saha saat ini merintis upaya di bagian fashion. Bersama Jovison, Simon Wijoyo dan Seira Meutia, Osas Saha mendirikan 360 Degree nan menghadirkan pendekatan baru dalam busana olahraga dan athleisure.

"Saya memulai ini lantaran tipenya kan suka fashion dan ini juga bisa untuk sporty dan fashion khususnya bisa buat laki-laki. Jadi saya tertarik, dan di Indonesia banyak nan kurang menurut saya. jadi saya mau buka style dengan style baru," kata Osas.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Osas Jualan Jersey Olahraga

Bisnis nan dirintis Osas tetap berangkaian dengan profesinya sebagai atlet. Salah satunya menjual produk jersey olahraga. Produk nan dihadirkan Osas Saha dan kawan-kawan menggabungkan fleksibilitas, simplicity, dan pemilihan beberapa bahan nan ramah lingkungan dengan kreasi unik, timeless serta simpel.

Untuk mempromosikan upaya barunya ini, Osas Saha membawa 360 Degree mengikuti Jakarta Sneaker Day (JSD) 2024, Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan nan berjalan 5-7 Juli 2024.

"Kita kudu kasih contoh sesuatu ke anak muda ke depan, lantaran sepak bola bukan selama-lamanya. Kalau kita ingat dulu-dulu, kita lihat lenyap main bola, pemain bola tidak jadi apa-apa. Jadi kita kudu ada impact buat Indonesia ini. Kita sudah cukup dapat sesuatu, jadi kita kudu kasih pesan alias sesuatu ke anak-anak muda ke depan."

Pada aktivitas bergengsi JSD 2024 ini, 360 degree dengan bangga memperkenalkan dua lini brand produk sebagai corak komitmen untuk mempromosikan style hidup sehat melalui produk inovatif berbobot serta sesuai dengan kebutuhan sports, fashion & lifestyle ialah Flytja by 360 degree dan OS by 360 degree.

Osas Saha Tekankan Keberagaman dalam Desain Jersey

OS Jersey bakal diproduksi untuk segala bagian olahraga seperti jersey basket,dan lain-lain. OS by 360 degree menonjolkan konsep kreasi kontemporer modern, termasuk motif nan terinspirasi oleh budaya Indonesia seperti wayang, serta ilustrasi ilustrasi nan mengangkat keberagaman. Perpaduan antara seni dan busana atletik ini menjadikan OS by 360 Degree berbeda di pasaran.

“Salah satu produk menarik nan hanya bisa ditemukan di OS jersey adalah tema Unity in Motion nan diimplementasikan kedalam goresan kreasi ilustrasi bola bumi, sidik jari dan hati sebagai gambaran mengenai diversity,” ucap Osas Saha.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga