Sri Mulyani Imbau Negara Maju Ringankan Utang Pandemi Negari Miskin

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 21:00 WIB

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengimbau negara maju mendukung Pandemic Fund melalui tukar guling utang untuk kesehatan demi meringankan beban negara miskin. Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengimbau negara maju mendukung Pandemic Fund melalui tukar guling utang untuk kesehatan demi meringankan beban negara miskin. (AFP/SONNY TUMBELAKA).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau negara maju untuk mendukung Pandemic Fund melalui Debt-for-Health Swaps (tukar guling utang untuk kesehatan) demi meringankan beban negara miskin nan mempunyai beban utang tinggi.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi alias High Level Event oleh The Pandemic Fund nan merupakan rangkaian pertemuan ketiga para menteri finansial dan gubernur bank sentral di bawah Presidensi Brasil di Kota Rio de Janeiro, Kamis (25/7).

Pandemic Fund sendiri merupakan inisiatif dan milestone dari Presidensi G20 Indonesia pada 2022. Kala itu, telah terkumpul lebih dari US$2 miliar dari 47 donor dan telah mendanai 19 proyek di 37 negara untuk persiapan dan respons pandemi. Beberapa di antaranya adalah di Bhutan, Ethiopia, Kamboja, Mongolia, dan India.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai co-chair dari Health and Finance Minister, Sri Mulyani menyampaikan tiga perihal penting. Pertama, Pandemic Fund kudu mendanai selain kesiapan juga keahlian respons pengendalian pandemi sehingga meminimalisir akibat nan ditimbulkan.

"Kedua, Pandemic Fund kudu bisa menarik pembiayaan pengganti melalui proyek kerja sama dengan Multilateral Development Bank (MDB), sektor swasta, filantropi dan biaya masing-masing negara," tulis wanita nan berkawan disapa Ani itu melalui keterangan di Instagram resmi, Kamis (25/7).

Ketiga, negara maju dapat mendukung Pandemic Fund melalui Debt-for-Health Swaps untuk meringankan beban negara miskin nan mempunyai beban utang tinggi.

Ani menerangkan Indonesia telah dan terus mendukung kerja sama penanganan Pandemi, termasuk Pandemic Fund, dengan terus mempromosikan inisiatif tersebut di beragam forum internasional lainnya, seperti nan kita lakukan di forum ASEAN.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com