Spanyol Sapu Bersih Seluruh Trofi di Euro 2024, Rodri, Olmo dan Yamal Lengkapi Kesempurnaan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Spanyol betul-betul sempurna di Euro 2024. Selain menjadi juara untuk keempat kalinya di arena empat tahunan tersebut, La Furia Roja juga meyapu bersih seluruh gelar perseorangan nan tersedia di Euro 2024.

Spanyol memastikan diri menjadi juara usai menang 2-1 atas Inggris pada laga final di Olympiastadion Berlin, Senin (15/7/2024) awal hari WIB. Dua gol kemenangan Spanyol di final dibuat oleh Nico Williams dan Mikel Oyarzabal. Sedangkan gol jawaban Inggris dicetak Cole Palmer.

Keberhasilan Spanyol juara Piala Eropa 2024 terasa lengkap. Gelar Pemain Terbaik, Pencetak Gol Terbanyak dan Pemain Muda Terbaik semuanya direbut oleh pemain-pemain Spanyol.

Lamine Yamal terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik. Penggawa Barcelona itu tampil 507 menit selama Euro 2024 dengan sumbangan satu gol dan empat assists. Yamal menjadi raja assists di Euro 2024. Yamal baru berumur 17 tahun satu hari saat final Euro 2024 berlangsung.

Gelar pemain terbaik direbut gelandang Rodri. Pemain Manchester City itu memang hanya bikin satu gol selama Euro 2024. Tapi peran Rodri sangat vital dalam keberhasilan Spanyol menjadi juara. Rodri bermain selama 521 menit dengan kecermatan umpan mencapai 92,84 persen.

Rodri pun mengikuti jejak dua gelandang legendaris Spanyol nan juga pernah merebut Bola Emas Euro ialah Xavi Hernandez di tahun 2008 dan Andres Iniesta empat tahun kemudian.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Dani Olmo Dapat Sepatu Emas

Satu gelar lain nan direbut Spanyol adalah top skor lewat gelandang Dani Olmo. Pemain RB Leipzig ini mengoleksi tiga gol. Namun Olmo kudu berbagi Sepatu Emas dengan lima pemain lain nan juga mencetak tiga gol seperti Harry Kane, Georges Mikautadze, Jamal Musiala, Cody Gakpo dan Ivan Schranz.

Olmo nyaris merebut Sepatu Emas seorang diri jika saja membikin gol di final. Olmo punya satu kesempatan bagus untuk mencetak gol tak lama setelah Nico Williams membuka kelebihan di awal babak kedua. Sayangnya sudah berdiri bebas di kotak penalti, sepakan kaki kirinya melebar.

Peraturan Baru UEFA

Aturan baru nan diterapkan UEFA di Euro 2024 soal top skor juga membikin Olmo kudu berbagi Sepatu Emas dengan lima pemain lain. Biasanya jika ada top skor nan jumlah golnya sama, UEFA bakal memberikan Sepatu Emas kepada pemain nan membikin assists lebih banyak.

Olmo semestinya mendapatkan Sepatu Emas seorang diri jika patokan ini diterapkan lagi. Olmo membikin dua assists di Euro 2024 sehingga mengungguli lima pesaingnya itu.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga