Soal Prospek Timnas Indonesia Tantang Portugal di FIFA Matchday, Begini Jawaban PSSI

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga angkat bicara soal potensi Timnas Indonesia menantang negara sepak bola papan atas sekelas Portugal di FIFA Matchday.

Menurutnya, perihal itu bukan sesuatu nan mustahil untuk terwujud, mengingat PSSI sudah pernah mendatangkan juara Piala Dunia 2022 Argentina pada Juni 2023.

Hanya saja, fans tetap kudu bersabar menunggu setidaknya hingga tahun depan lantaran skuad Garuda sudah ditunggu agenda padat sepanjang 2024.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang cukup sibuk sejak awal tahun ini. Mereka langsung tancap gas dengan mengikuti turnamen Piala Asia 2023 di Qatar, dan sukses mencetak sejarah dengan tembus untuk pertama kalinya ke fase knock-out.

Pasukan Garuda juga sempat terlibat pertarungan dengan Vietnam di putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia. Skuad racikan Shin Tae-yong kala itu memetik kemenangan 1-0 dan 3-0, nan mengantar mereka naik ke ranking 2 klasemen sementara grup F.

Adapun setelah ini, Timnas Indonesia tetap kudu melanjutkan perjuangan untuk tembus ke ronde selanjutnya demi menghidupkan asa tampil di Piala Dunia. Pasukan Garuda dijadwalkan menjamu Irak dan Filipina dalam duel nan digelar Juni mendatang.

Berita Video, Elkan Baggott Akui Tak Sabar Duet Bareng Jordi Amat di FIFA Matchday Timnas Indonesia Vs Burundi pada Sabtu (25/3/2023)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Timnas Indonesia Bisa Tantang Portugal?

Menanggapi padatnya agenda Timnas Indonesia, Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga pun mengeklaim bakal susah bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk menantang tim besar di FIFA Matchday tahun ini.

Walau begitu, tak menutup kemungkinan agenda tersebut bisa terlaksana tahun depan, ketika Timnas Indonesia punya lebih banyak waktu untuk beruji coba dengan negara-negara kuat dalam laga persahabatan.

"Tahun ini sangat padat. Saya tidah tahu apa ada ruang untuk mengundang timnas kuat. Kita lihat saja gimana nanti. Tapi tahun depan jika kosong, mungkin kita cari (lawan) nan dahsyat hebat," ucap Arya Sinulingga saat menghadiri aktivitas obrolan PSSI Pers di GBK Arena, Senayan, Sabtu (11/5/2024).

"Tahun ini (jadwal Timnas Indonesia) full. Bahkan jika masuk putaran ketiga (Kualifikasi Piala Dunia), kemungkinan dan kesempatan kita bisa tembus 100 besar itu ada. Jadi saya rasa itu bukan mimpi ya," tandas dia.

PSSI Bakal Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Terlepas dari sibuknya agenda Timnas Indonesia, Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga memastikan pihaknya bakal menyiapkan ruang untuk berjumpa dengan pembimbing Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

Hal itu diperlukan lantaran federasi sepak bola Tanah Air hendak menegosiasikan perpanjangan kontrak, menyusul keberhasilan ahli strategi Korea Selatan mencapai sasaran di gelaran Piala Asia 2023 serta Piala Asia U-23 2024.

"Pasti kami dalam waktu dekat bakal ketemu (dengan Shin Tae-yong). Kita bakal bermusyawarah di banyak hal. KPI tercapai kan sesuatu nan kudu kita hargai. Kemudian, ke depan (kontraknya) sampai tahun 2027," papar Arya pada Sabtu (11/5/2024).

"Pak Erick ini selalu sebagai Ketua Umum (PSSI), tidak pernah mau bikin perjanjian di luar masa kepengurusan dia. Karena batasnya 2027, maka STY pun kontraknya sampai 2027. Jangan kelak keputusan Pak Erick ini menjadi beban buat Ketum berikutnya," tambah dia.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga