Skateboard Jadi Ekshibisi PON Aceh-Sumut 2024, 20 Kontingen Berpartisipasi

Sedang Trending 1 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - PON Aceh-Sumut 2024 menggelar beberapa bagian olahraga untuk dipertandingkan secara ekshibisi. Salah satunya adalah skateboard yang berlangsung di lapangan sepatu roda Pantai Pelangi, Pidie, Aceh, mulai Selasa (18/9/2024). Sebanyak 20 kontingen ikut ambil bagian dalam lomba.

Pada kesempatan kali ini, dipertandingkan empat kategori, ialah skateboard street untuk putra dan putri serta skateboard game of skate untuk putra dan putri.

“Ada sekitar 20 kontingen nan datang di ekshibisi sehingga itu menjadi sebuah persyaratan dari KONI untuk kita pertandingkan di PON NTB dan NTT 2028 mendatang,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Porserosi), Velix Wanggai kepada pewarta.

Selain itu, Velix Wanggai berkomitmen untuk meratakan training tidak hanya konsentrasi pada bagian sepatu roda dan inline speed, tetapi juga memberikan perhatian pada nomor freestyle sepatu roda dan skateboard.

“Tentu ini bakal menjadi bagian bagi kami untuk terus mendorong pemerataan, pembinaan dan prestasi terhadap disiplin nan lain, nan sudah dipertandingkan di PON. Baik inline freestyle, kemudian dengan skateboard. Itu menjadi tanggung jawab kami dari pengurus besar," kata Velix Wanggai.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Perkembangan Skateboard di Indonesia

Skateboard di Indonesia telah mengalami perubahan besar sejak diperkenalkan pada tahun 1980-an. Pada awalnya, olahraga ini hanya dikenal oleh segelintir orang, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Namun seiring berjalannya waktu, popularitasnya terus berkembang, dipengaruhi oleh globalisasi dan kemudahan akses terhadap info serta budaya pop Barat.

Perkembangan skateboard di Indonesia semakin pesat pada awal tahun 2000-an, ditandai dengan terbentuknya organisasi skateboard nan lebih terorganisir dan konsentrasi tidak hanya pada olahraga, tetapi juga pada budaya skateboard, seperti musik, seni, dan style hidup.

Rebut Medali Asian Games 2022

Keberadaan kejuaraan skateboard nan meluas hingga ke kota-kota mini juga berkedudukan krusial dalam meningkatkan ketenaran dan daya tarik skateboard di seluruh Indonesia.

Olahraga skateboard di Indonesia, nan berada di bawah training PB Porserosi, mempunyai potensi besar, terutama lantaran sudah menjadi olahraga Olimpiade.

Prestasi atlet Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung, nan meraih lencana perak di Asian Games 2022, menunjukkan kesempatan skateboard Indonesia untuk berkembang lebih jauh. Oleh lantaran itu, perhatian unik terhadap skateboard di arena multievent dalam negeri sangatlah penting.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga