Shin Tae-yong Beber Kekuatan Uzbekistan Jelang Semifinal Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Mampu Atasi?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap deretan kelebihan yang dimiliki Uzbekistan jelang laga semifinal Piala Asia U-23 2024 kontra Timnas Indonesia U-23 pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Menurutnya, Serigala Putih Muda punya performa serta kemampuan teknis yang baik, sehingga berpotensi membuat Timnas Indonesia U-23 kesulitan kala berjumpa tim tersebut dalam duel fase empat besar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, malam nanti.

Sekadar informasi, Garuda Muda berhasil membuat kejutan dengan menyegel tiket semifinal Piala Asia U-23. Meski hanya berstatus sebagai debutan, Rizky Ridho dan kawan-kawan mampu memulangkan Korea Selatan setelah terlibat pertarungan panjang hingga extra time dan adu penalti.

Di sisi lain, Uzbekistan tampil begitu spartan dan tak butuh waktu terlalu lama untuk mengamankan slot empat besar. Mereka sukses membantai lawannya Arab Saudi dengan 2-0 di waktu normal dalam partai perempat last AFC Asian Cup U-23, Jumat (26/4/2023) lalu.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong pun mengaku dia menyaksikan sendiri jalannya pertandingan Uzbekistan vs Arab Saudi tempo hari. Serigala Putih Muda diklaim punya sederet kekuatan yang mengantar mereka tembus semifinal, serta berpotensi menjadi batu sandungan besar buat Garuda Muda untuk melaju ke babak selanjutnya.

"Di perempat last Uzbekistan melawan Arab Saudi, saya datang ke stadion dan saya menonton langsung pertandinganya," ucap Shin Tae-yong jelang duel anak-anak asuhnya melawan Uzbekistan.

"Saya merasa, Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus. Performa mereka sangat stabil, terorganisasi dengan baik, serta amat disiplin," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

Berita video, Momen Lucu Shin Tae-yong dan Witan Sulaeman saat Konferensi Pers Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Punya Bekal Kepercayaan Diri

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong menilai Timnas Indonesia U-23 juga telah mengantongi modal bagus untuk menantang Uzbekistan di semifinal.

Rizky Ridho dan kawan-kawan punya modal kepercayaan diri lantaran berhasil melewati beratnya fase grup serta memetik kemenangan atas Korea Selatan yang dicap sebagai salah satu pesaing berat di Piala Asia U-23 2024.

"Tiga pertandingan di fase grup, kami memetik 2 kemenangan dan 1 kekalahan. Saya rasa grup A adalah salah satu grup terkuat di kompetisi, tetapi kami bisa melewatinya dengan performa yang baik. Alhasil level kepercayaan diri kami meningkat cukup banyak," ucap STY.

"Kemudian kami berjumpa dengan Korea Selatan di perempat final. Tentu saja itu adalah pertandingan yang sangat berat. Secara kinerja, performa kami ktika itu lebih baik ketimbang Korea, tetapi kami harus (berjuang) sampai ke extra time dan adu penalti."

"Hal itu membuat tim kami kesulitan. Namun, tetap kami berhasil menang melawan Korea. Jadi level kepercayaan diri kami meningkat lagi (berkat hal itu)," tandasnya.

Persiapan Timnas Indonesia U-23

Sementara itu dari segi persiapan, Shin Tae-yong juga optimistis pihaknya telah momoles skuad Garuda Muda secara maksimal agar siap menghadapi Uzbekistan di semifinal.

Juru taktik asal Korea Selatan pun berambisi mengantar Rizky Ridho dan kawan-kawan agar menunjukkan performa terbaik sekaligus memetik hasil apik dalam pertandingan tersebut.

"Mungkin tidak mudah bagi kami di semifinal, tetapi kami juga sedang dalam kondisi baik, persiapan kami bagus, jadi saya ingin menunjukkan performa serta hasil yang baik," tutur Shin Tae-yong jelang menantang Uzbekistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga