Shin Tae-yong Akui Belum Perpanjang Kontrak dengan Timnas Indonesia, tapi...

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku belum menandatangani perpanjangan perjanjian dengan Timnas Indonesia jelang kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, masa hormat ahli strategi asal Korea Selatan di Tanah Air memang segera berhujung pada Juni 2024. Dia semula didatangkan ke Indonesia pada 2019, dan diikat kesepakatan sampai pengujung 2023.

Akan tetapi, masa tinggal Shin Tae-yong ditambah 6 bulan oleh PSSI lantaran dia tetap mengemban tugas memimpin tim nasional senior dan U-23 di gelaran Piala Asia 2023 serta Piala Asia U-23 2024.

Federasi sepak bola Tanah Air lantas turut membuka kesempatan bagi pembimbing kelahiran 1970 untuk lanjut menukangi Timnas Indonesia lebih lama andaikan sukses memenuhi dua syarat, ialah tembus fase knock-out Piala Asia 2023, serta mengantar Garuda Muda melenggang ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Meski berat, misi tersebut sukses dituntaskan dengan baik oleh Shin Tae-yong. Malahan, kinerjanya melampaui target, dengan dia sukses membawa Timnas Indonesia U-23 menjejakkan kaki hingga semifinal Piala Asia U-23 serta nyaris tembus ke Olimpiade Paris 2024.

Situasi tersebut membikin PSSI tak ragu memenuhi janji untuk menyambung kerja sama dengan eks ahli strategi Taeguk Warriors. Laporan mengungkap Shin Tae-yong dihadiahi perpanjangan perjanjian berdurasi 3 tahun nan bertindak hingga 2027 mendatang.

Berita video sebanyak 18 dari 22 pemain nan dipanggil ke Timnas Indonesia, sudah berkumpul dalam latihan perdana di Lapangan B GBK, Selasa (28/5/2024) sore WIB. Empat pemain abroad tetap absen.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pengakuan Shin Tae-yong

Hanya saja, Shin Tae-yong sampai saat ini mengaku belum meneken perjanjian baru berbareng PSSI. Padahal, dia sudah disibukkan dengan aktivitas lain ialah memimpin pasukan Merah Putih menjamu Irak dan Filipina dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menanggapi perihal ini, Shin Tae-yong meyakinkan dirinya bakal tetap memperpanjang kesepakatan berbareng PSSI. Mantan pembimbing Korea Selatan juga meminta publik menunggu hingga proses penandatanganan perjanjian barunya resmi diselesaikan.

"(Kontrak baru dengan PSSI) belum ditandatangani, tapi bakal ditandatangani. Jadi tunggu saja," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media dalam sesi latihan perdana Timnas Indonesai jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Lapangan B GBK, Senayan, Selasa (28/5/2024).

Timnas Indonesia Tinggal Butuh Satu Kemenangan

Terlepas dari persoalan kontrak, Shin Tae-yong saat ini tengah konsentrasi menghadapi laga krusial berbareng anak-anak asuhnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan 2 laga kandang tersisa, pasukan Merah Putih hanya butuh satu kemenangan agar bisa mengamankan tiket menuju putaran ketiga.

Timnas Indonesia sementara ini menduduki ranking 2 klasemen grup F dengan perolehan 7 poin dari 4 pertandingan. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan terpaut 5 nomor dari Irak di puncak tabel, serta berbeda 4 poin dengan rival terdekatnya Vietnam nan menghuni urutan 3.

Adapun skuad Garuda tetap punya satu agenda lagi sebelum menjamu Irak dan Filipina. Mereka berksempatan memanaskan mesin lewat laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya GBK, Minggu (2/6/2024). Simak agenda pertandingan Timnas Indonesia, baik uji coba maupun Kualifikasi Piala Dunia, pada laman berikut.

Jadwal Timnas Indonesia di Uji Coba dan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Uji Coba

Minggu, 2 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Tanzania

Lokasi: Stadion Madya Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga