Shark Equestrian Competition Pertandingkan Nomor Dressage dan Show Jumping

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Olahraga berkuda Equestrian semakin berkembang di Indonesia. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya kompetisi. nan terbaru ada Shark Equestrian Competition nan berjalan pada 2-6 Oktober 2024 di bilangan Karanggan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Kompetisi hasil kerjasama PT. Sharprindo Dinamika Prima dengan Anantya Riding Club ini mempertandingan nomor-nomor Dressage (tunggang serasi) dan Show Jumping (lompat rintangan).

“Sebenarnya ini adalah aktivitas nan sudah lama Kami rencanakan. Kami berterima kasih berkah support dari relasi-relasi upaya Shark Indonesia maka kejuaraan berkuda ini bisa terwujud di tahun ini. Saat pertandingan kelak juga bakal datang para relasi-relasi upaya nan Kami harapkan bisa membantu kami untuk lebih memasyarakatkan lagi olahraga berkuda equestrian.” Ujar Jusmin Suwoko, CEO PT. Sharprindo Dinamika Prima nan juga sekaligus sebagai pemilik Anantya Riding Club.

Jusmin pun menambahkan bahwa Kejuaraan Berkuda Shark Equestrian Competition merupakan debut perdana Anantya Riding Club dalam menggelar kejuaraan berkuda nan berkarakter terbuka serta dihadiri banyak peserta. Sebelumnya, Anantya Riding Club tercatat pernah beberapa kali menggelar kejuaraan berkuda meski sifatnya hanya untuk kalangan internal Anantya Riding Club itu sendiri.

“Dengan kerjasama antara Shark Indonesia dan Anantya Riding Club, Kami berambisi ini bakal menjadi event tahunan nan rutin dilaksanakan minimal dua kali dalam satu tahun dengan komposisi satu kejuaraan menjadi event Shark Indonesia dan nan lainnya menjadi rencana tetap Anantya Riding Club.” Sambung Jusmin Suwoko nan juga merupakan Atlet berkuda tersebut.

Calon Atlet Berbakat

Kejuaraan Berkuda Shark Equestrian Competition digelar dengan segmen nan dikhususkan bagi para pendatang baru di bumi olahraga berkuda equestrian dengan tujuan untuk pembinaan terhadap para Atlet berkuda pendatang baru tersebut nan mau turun bertanding secara professional.

Diharapkan, melalui event Shark Equestrian Competition nantinya para calon-calon Atlet berkuda tersebut dapat memahami mengenai peraturan-peraturan pertandingan berikut hal-hal nan kudu dipersiapkan dalam mengikuti kejuaraan.

“Dari segi peserta, Kami juga berterima kasih event Shark Equestrian Competition ini mendapat banyak support dari tim-tim alias stable-stable nan datang dari DKI Jakarta dan Jawa Barat. Dengan kemudahan akses menuju Anantya Riding Club, Kami juga mau memfasilitasi dengan sebaik mungkin tim-tim nan datang bertanding.” Lanjut Jusmin Suwoko.

Untuk Atlet Pro

Dalam beberapa tahun kedepan, Shark Indonesia dan Anantya Riding Club bakal konsentrasi dibidang pembinaan untuk Atlet-atlet berkuda pendatang baru, namun dengan memperhatikan kebutuhan para Atlet berkuda di masa mendatang, tidak tertutup kemungkinan jika Shark Equestrian Competition juga bakal menggelar pertandingan-pertandingan bagi atlet-atlet nan sudah ahli dan berpengalaman.

Salah satu terobosan dari Shark Equestrian Competition adalah dengan menggelar kelas bagi pemula ialah Learn To Ride, Learn To Jump, dan Walk Trot New Comer, dimana dikelas-kelas tersebut nantinya para Atlet berkuda pendatang baru bakal diajarkan mengenai dasar-dasar untuk mengenal peralatan berkuda, organ-organ tubuh kuda, dan gimana langkah menunggang kuda nan baik dan aman.

“Shark Equestrian Competition kali ini lebih difokuskan untuk membangun mental dan keahlian Atlet-atlet pendatang baru di olahraga berkuda equestrian. Kita berambisi melalui kejuaraan ini nantinya Atlet-atlet pemula tersebut lebih mempunyai wawasan untuk terjun ke olahraga ini," tutur Ketua Pelaksana Kejuaraan Berkuda Shark Equestrian Competition, Rahmat Natsir.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga