Setahun Nganggur usai Tinggalkan Manchester United, David de Gea Akhirnya Berlabuh di Serie A

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Mantan kiper legendaris Manchester United, David de Gea, akhirnya sah melepas masa menganggurnya sejak berpisah dari Setan Merah tahun lalu. 

Penjaga gawang asal Spanyol itu memutuskan kembali ke sepak bola kompetitif dengan bargabung berbareng klub Serie A Fiorentina sebagai pemasok bebas lewat bursa transfer musim panas 2024. 

Sekadar informasi, De Gea sebelumnya dikenal sebagai kiper loyal milik Manchester United. Dia tercatat sudah 12 tahun memihak Setan Merah, sebelum meninggalkan klub lantaran kontraknya berakhir, menyusul kandas menyepakati perpanjangan pada 2023 silam.

Manchester United sendiri langsung move on dengan mendatangkan Andre Onana sebagai suksesor laki-laki Spanyol. Sementara itu, David de Gea setahun tak mengecap kejuaraan dan hanya berlatih di lapangan klub Altrincham demi menjaga kebugarannya. 

Keputusan De Gea rehat semusim dari lapangan hijau sebenarnya bukan diakibatkan oleh tidak adanya minat dari klub luar. Manchester Evening News mengeklaim, kiper berumur 33 tahun sempat diincar oleh tim Arab Saudi jelang memasuki musim kejuaraan 2023/2024.

Akan tetapi, De Ge nan kala itu memutuskan menolak tawaran pindah ke Timur Tengah. Alhasil, dia kudu menjalani masa-masa tanpa klub selama setahun sejak berpisah dari tim raksasa Liga Inggris.

David De Gea memutuskan untuk meninggalkan klub Manchester United nan telah diperkuatnya sejak 2011. Kiper dengan nomor punggung 1 itu meninggalkan Old Trafford sebagai pesepak bola tanpa kontrak, setelah 12 musim berbareng MU.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Fiorentina Akhiri Masa Nganggur David de Gea

Barulah pada musim panas 2024, David de Gea akhirnya mengakhiri status sebagai pengangguran. Klub Serie A Fiorentina bersedia menampung dia, meski sudah setahun tidak bertanding  di level kompetitif. 

Football Italia melaporkan, De Gea menandatangani perjanjian berdurasi satu tahun berbareng La Viola, dengan penghasilan hanya sekitar 1 juta euro per musim ditambah bonus.

Sang pemain punya opsi perpanjangan dalam kesepakatannya nan bakal membikin dia meraup bayaran dua kali lipat pada musim 2025/2026 mendatang.

Fiorentina Segera Perkenalkan David de Gea

Selaras dengan pemberitaan itu, Fiorentina juga telah mengumumkan langsung perekrutan David de Gea melalui situs resminya. Mereka mengaku bakal memperkenalkan sang pemain secara resmi pada Senin (12/8/2024). 

"ACF Fiorentina telah mengumumkan perekrutan David de Gea Quintana," tulis La Viola dalam pernyataan mereka pada Jumat (9/8/2024). 

"Kiper baru kami bakal diperkenalkan pada 12 Agustus pukul 14:00 (waktu setempat) di Wind3 Media Center di Rocco B. Commisso Viola Park," tandas pihak klub dalam situs resminya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga