Selena Gomez, Selebritis Berharta Rp20 T Hasil Jualan Kosmetik

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris, penyanyi dan pengusaha. Daftar prestasi Selena Gomez kini makin panjang. Perempuan berumur 32 tahun tersebut baru saja masuk jajaran miliarder termuda di Amerika Serikat (AS).

Menurut Bloomberg Billionaires Index memperkirakan pada tahun ini kekayaan bersih Gomez tembus US$1,3 miliar alias setara Rp20 triliun (asumsi kurs Rp15.124 per dolar AS).

Sumber duit utama nan membikin rekeningnya gendut bukan dari menyanyi, endorsement alias berakting. Gentong emas paling menguntungkan justru upaya nan baru dia geluti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keran cuan itu berjulukan Rare Beauty Brands Inc. Bisnis kosmetik nan dia dirikan lima tahun lalu. Rare Beauty sukses merebut hati para influencer hingga remaja di seluruh dunia.

Nah, taksiran Bloomberg soal jumlah kekayaan Gomez itu berasas nilai estimasi nilai saham terendah Rare Beauty, serta aset lainnya nan dapat dikonfirmasi alias dilacak dari angka-angka dipublikasikan.

Selain Rare Beauty, aliran pendapatan lain sang mantan bintang cilik jebolan Disney Channel itu tentu dari berakting. Proyek terbarunya adalah series eksklusif di Hulu 'Only Murders in the Building' nan diumumkan bakal ada musim (season) kelima. Dari sini saja, Gomez diperkirakan mengantongi US$6 juta per musim.

Keran cuan lainnya adalah perusahaan rintisan di bagian kesehatan mental, Wondermind. Selain itu, pendapatan dari royalti musik, film, perjanjian bisnis, properti hingga iklan melalui IG miliknya nan mempunyai 424 juta pengikut pada September ini.

Perusahaan ini menyumbang 81 persen total kekayaan Gomez. Bloomberg memperkirakan US$1,1 hartanya berasal dari Rare Beauty.

Gomez dan timnya meluncurkan merek tersebut pada 2020, memasarkannya sebagai produk kosmetik sederhana, dengan nilai relatif terjangkau. Tak mengherankan penjualan kosmetiknya ini memukau lantaran siapa saja bisa beli. Tak inklusif.

Maret lalu, dia sempat dikabarkan menyewa penasihat untuk mempertimbangkan penjualan Rare Beauty dengan valuasi alias nilai perusahaan sebesar US$2 miliar alias Rp30 triliun. Belakangan, dalam sebuah wawancara dengan media Gomez menegaskan tidak berencana untuk upaya nan dia dirikan itu.

"Saya betul-betul berupaya sekuat tenaga untuk menciptakan produk nan lebih dari sekadar tempel nama saya pada produknya. Saya mau produknya bagus, dan saya juga mau menyampaikan pesan bahwa makeup semestinya menyenangkan," ujarnya.

Pernyataan itu nampaknya bukan igauan semata jika menyimak kesuksesan Rare Beauty. Jangan salah, banyak juga pesohor lain nan aji mumpung 'nyemplung' ke upaya skincare alias kecantikan, lampau penjualan memukau di awal, gulung tikar tak lama kemudian.

Nah, pendapatan tahunan Rare Beauty mencapai US$350 alias setara Rp5,2 triliun tahun lalu. Capaian ini melampaui merek-merek nan didirikan oleh selebritas lain seperti Honest Co. milik Jessica Alba dan Haus Labs punya Lady Gaga.

Konten di media sosialnya tak bisa disepelekan. Dengan 424 juta follower, Gomez menjadi orang ketiga dengan jumlah pengikut terbanyak. Ia hanya kalah dari pemain bola Cristiano Ronaldo (638 juta follower) dan Lionel Messi (504 juta follower).

Berkat akun @selenagomez dengan ratusan juta pengikut itu, dia mengantongi perjanjian dari Puma senilai US$30 juta pada 2017. Ada juga kesepakatan dengan Coach dengan nilai perjanjian US$10 juta pada 2016. Tentu, dua tersebut hanya segelintir contoh nilai endorsement Gomez dengan nilai fantastis.

The power of netizen itu pula nan membikin Rare Beauty nan baru seumur jagung sukses menggoyang kekuasaan merek kosmetik raksasa milik dua pesohor yang lebih dulu eksis, ialah milik Rihanna dan family Kardashian.


Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com