Seleksi Wakil Indonesia ke Gothia Cup 2025 akan Digelar di 6 Kota, Papua Dapat Keistimewaan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Wakil Indonesia nan ikut ke pagelaran sepak bola usia muda terbesar dunia, Gothia Cup 2025 di Swedia bakal semakin banyak. Salah satunya lewat seleksi nan digelar di enam kota berjudul Meet the World With SKF.

Turnamen Meet the World With SKF bakal dibagi dalam dua babak, ialah Regional Tournament dan Grand Finale. Dua kota pertama nan bakal memulai rangkaian Turnamen Meet the World With SKF adalah Jakarta dan Bandung pada 2-3 November 2024.

Menyusul kemudian pada 9-10 Oktober 2024 menyambangi Surabaya dan Solo. Setelah itu giliran Makassar pada 15-16 November 2024. nan terakhir di Pekanbaru pada 16-17 November 2024.

Setiap kotanya pesertanya ada 20 sampai 32 tim kategori U-12. Mereka bakal bersaing untuk lolos ke Grand Finale nan bakal digelar di Jakarta pada 23 dan 24 November 2024.

Di babak Grand Finale nantinya hanya bakal ada 20 tim terbaik nan ikut serta. Tim nan menjadi juara di Grand Finale nantinya bakal di kirim ke Gothia Cup 2024 di Swedia.

Meet the World With SKF total bakal menggirim dua tim ke Gothia Cup 2024. Satu tim lain nan bakal diberangkatkan adalah melalui seleksi nan bakal digelar di Papua dan bekerja sama dengan Papua Football Academy (PFA) by Freeport.

Alasan Jalur Khusus Papua

Ada argumen sendiri kenapa Papua dikasih tiket emas. SKF nan mau memfasilitasi para pemain berbakat dari wilayah nan kurang mendapatkan akses untuk bisa menunjukkan kualitas mereka," demikian pernyataan resmi SKF.

Papua Football Academy by Freeport sendiri diketahui merupakan wadah bagi putra Papua untuk menimba pengetahuan sepak bola dan pendidikan umum nan mempersiapkan siswanya menjadi perseorangan kompetitif, imajinatif dan berkekuatan saing, nan berdiri sejak 2021. Untuk seleksi nan dilakukanbersama Papua Football Academy bakal digelar di Timika, Papua, 28 - 30 November, 2024.

“Sepak bola Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Timnas Indonesia pun mulai menjadi perbincangan di level internasional berkah prestasinya. Kami dari SKF mau mendukung terussepak bola Indonesia agar bisa terus mencetak para pemain berkualitas, nan nantinya bisa diandalkan Timnas Indonesia pada masa depan," ujar Satheswaran Mayachandran, President Director SKF.

PSSI Sambut Baik Program ke Gothia Cup

Sebelum digelarnya National Tournament, juga bakal diselenggarakan terlebih dulu SKF Girl School Challenge di Jakarta pada 19-20 Oktober 2024.

Ketua umum PSSI Erick Thohir menyambut baik adanya event untuk mencari tim nan mewakili Indonesia di Gothia Cup 2025. Erick berambisi sepak bola usia awal Indonesia semakin membaik.

“Untuk itu, saya datang di aktivitas Gothia sore ini lantaran ini dalam rangka membangun dari grassroots mengenai pembibitan sepakbola usia muda,” ujar Erick Thohir.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga