Sejarah Perkembangan Makanan di Masyarakat Dunia - Edisi: Sandwich

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
Ilustrasi roti sandwich (Photo by Mae Mu on Unsplash)Ilustrasi roti sandwich (Photo by Mae Mu on Unsplash)

Roti sandwich berasal dari seorang angkatan Laut asal Inggris. Pada abad pertengahan ke-18 John Montage nan mempunyai ‘gelar’ Earl Of Sandwich IV nan menjadi pemimpin angkatan laut Inggris. Earl merupakan julukan untuk para bangsawan nan tinggi. Sedangkan, Sandwich adalah gelar bangsawan hanya diberikan kepada family Montagu.

Tahun 1778 John Montage nan merupakan komandan angkatan laut dengan prestasinya sukses menemukan tempat-tempat nan belum dikenal oleh masyarakat Eropa.  Tim John Montage  menemukan kepulauan di tengah Samudra Pasifik. Kepulauan itu dinamakan Kepulauan Sandwich nan kemudian diganti menjadi Kepulauan Hawaii. 

Ilustrasi King George Sandwich Bar, Shibuya-ku, Japan (Photo by charlesdeluvio on Unsplash)Ilustrasi King George Sandwich Bar, Shibuya-ku, Japan (Photo by charlesdeluvio on Unsplash)

John Montage alias Tuan Sandwich mempunyai kebiasaan dengan makan roti lapis nan di dalamnya terdapat sayuran dan juga daging. Teman-teman Tuan Sandwich tertarik dengan kebiasaannya, sehingga mereka juga menirunya. Setiap kali mereka memesan makanan, selalu memesan makanan nan sama dengan Tuan Sandwich. Lama-kelamaan kebiasaan ini menjadi terbiasa, saat mereka memesan makanan, hanya mengucapkan sandwich saja dan pelayan sudah mengerti maksudnya. 

Sejak saat itu, roti lapis berjulukan sandwich sangat terkenal. Selama abad ke-19, ketenaran sandwich di Spanyol dan Inggris meningkat drastis. Pada Tahun 1850, setidaknya ada 70 pedagang nan menjual sandwich di Kota London. Sandwich juga mulai terkenal di Belanda dan Amerika. Hingga pada abad ke-20, sandwich menjadi makanan pokok nan sangat disukai di Amerika. Hingga saat ini, ketenaran sandwich terus meningkat hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Terdapat beragam topping nan bisa digunakan bisa diberi daging asap, telur, beragam jenis saus, dan juga jenis roti-rotian.

Pendidikan.id merupakan penyedia media pembelajaran digital nan mempersembahkan konten pembelajaran untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di sekolah sesuai dengan perkembangan era digitalisasi saat ini. Salah satu konten nan diproduksi oleh Pendidikan.id adalah komik. Komik dihadirkan dengan tujuan untuk menambah informasi, pengetahuan umum, dan pengetahuan pengetahuan kepada pembaca dalam bentuk nan menarik dan interaktif.

Halaman depan komik literasi 'Riwayat Sandwich'Halaman depan komik literasi ‘Riwayat Sandwich’

Komik Pendidikan.id nan berjudul “Riwayat Sandwich” menceritakan tentang asal-usul makanan sandwich. Mulai dari sejarah awal munculnya jenis olahan makanan ini dan perkembangan Sandwich hingga terkenal di kalangan masyarakat dunia. Dengan mengenal asal-usul makanan ini, anak-anak diajak untuk mengetahui sejarah dan perkembangan olahan makanan di beragam bagian dunia. Dengan begitu, pembaca bakal menambah info baru sebagai tambahan pengetahuan umum. 

Sumber pendidikan.id
pendidikan.id