Ronald Koeman Murka Belanda Dikalahkan Austria di Euro 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Belanda, Ronald Koeman, tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah timnya menelan kekalahan memalukan 3-2 dari Austria. Koeman menyebutnya sebagai hasil "mengerikan". Meski Belanda tetap lolos ke babak 16 besar Euro 2024, kekalahan ini membikin perjalanan mereka di turnamen ini menjadi jauh lebih sulit.

Timnas Belanda tertinggal dua kali dan dua kali sukses menyamakan kedudukan sebelum akhirnya Marcel Sabitzer mencetak gol kemenangan luar biasa bagi Austria. Koeman sangat kritis terhadap penampilan timnya, terutama dalam langkah mereka memulai pertandingan dan memperkuat saat kebobolan gol-gol krusial.

"Saya bisa membikin daftar beberapa kesalahan," kata Koeman dengan nada kecewa. "Kami memulai dengan sangat buruk. Kami tidak memperkuat dengan baik. Kami tidak agresif, kurangnya tekanan, dan kami juga kehilangan bola, terutama di awal, jadi ini sangat buruk,"

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Spekulasi Masa Depan Koeman

Ronald Koeman, pembimbing Belanda nan mempunyai perjanjian hingga setelah Piala Dunia 2026, menemui pertanyaan tentang masa depannya dalam konvensi pers pasca kekalahan memalukan timnya dari Austria. Meskipun enggan memberikan kepastian, dia menegaskan tanggung jawabnya terhadap penampilan tim.

Dalam suasana nan tegang setelah kekalahan 3-2 dari Austria, Koeman dihadapkan pada pertanyaan tentang nasibnya sebagai pembimbing tim nasional Belanda. "Ini bukan pertanyaan nan kudu dijawab sekarang lantaran saya tidak suka membicarakan pertanyaan-pertanyaan seperti apa nan terjadi jika," ungkap Koeman dengan jelas.

"Saya bertanggung jawab atas pertandingan ini, namun kami tetap berada di tahap berikutnya dan kudu bermain lebih baik. Hal itu mungkin terjadi dengan skuad ini. Mereka mempunyai kualitas," 

Meskipun kekalahan nan memalukan, Koeman menegaskan bahwa sebagai pelatih, dia bertanggung jawab penuh atas hasil timnya.

Austria Mendominasi Grup D

Di sisi lain, Austria tampil mengesankan dengan mengalahkan Belanda dan menempati posisi puncak Grup D di atas Prancis. Pelatih Austria, Ralf Rangnick, merasa bangga dengan penampilan timnya nan berani dan energik.

“Kami memulai dengan kekalahan 1-0 melawan Prancis, namun kami tahu kami kudu menang melawan Polandia dan kemudian finis di puncak grup. Itu luar biasa,” ujar Rangnick. “Kemungkinan kami menang di sini dan Prancis tidak, jika Anda bertaruh, Anda bakal menjadi orang nan sangat kaya."

Meskipun kekalahan pahit dari Austria, Belanda tetap mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki penampilan mereka di babak 16 besar. Mereka bakal menghadapi salah satu dari runner-up Grup F, kemungkinan Turki alias Ceko dalam pertandingan nan bakal datang.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga