RI dan UAE Sepakat Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 22 Mei 2024 23:00 WIB

Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) sepakat memperjuangkan pembangunan nan ramah lingkungan. Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) sepakat memperjuangkan pembangunan nan ramah lingkungan. (Foto: CNN Indonesia/Kadafi)

Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) sepakat memperjuangkan pembangunan yang ramah lingkungan.

Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berjumpa dengan Menteri Energi dan Infastruktur UAE Suhail Al Mazroui hari ini (21/5) di Nusa Dua, Bali.

Luhut menceritakan pada 19 Mei lampau telah dilakukan peletakan batu pertama namalain groundbreaking Mohamed Bin Zayed - Mangrove Internasional Joko Widodo Pusat Penelitian di Kura Kura Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini mencerminkan konkrit komitmen dari para pemimpin untuk mempromosikan penelitian dan penemuan bioteknologi, AI, dan pemanfaatan drone untuk pemulihan karbon biru di wilayah terpencil," kata Luhut dalam keterangan resmi.

"Ketika UEA terus memperjuangkan pembangunan ramah lingkungan, Indonesia juga siap ikut memperjuangkan perihal tersebut untuk memajukan kerja sama pragmatis di bagian hijau dan daya terbarukan, bahan bakar penerbangan berkelanjutan, carbon capture and storage, mengurangi sampah plastik laut, ketahanan pangan, serta sovereign wealth fund," imbuhnya.

Luhut juga menjelaskan Indonesia siap memajukan kerja sama perdagangan pertanian dari industri hortikultura dan tanaman pangan seperti jagung, kedelai, dan lainnya di Sumatra Utara dan Sulawesi Tengah.

Proyek kerja sama ini bakal digarap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan berbobot kedua negara.

"Dengan mendorong lebih banyak perusahaan UEA untuk berkolaborasi dengan BUMN, kita mempunyai kesempatan untuk berekspansi di Indonesia dan memperluas pasar ASEAN," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com