PTBA Ambil Peran di Piagam Menoreh, Dukung Rehabilitasi DAS

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bukit Asam Tbk alias PTBA turut serta dalam penandatanganan Piagam Menoreh "Collaboration for Sustainability" nan diadakan di Desa Ngadi Rejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (19/9) sebagai simbol komitmen perusahaan meningkatkan sinergi guna mendukung reklamasi rimba dan penanaman mengenai rehabilitasi wilayah aliran sungai (DAS).

Piagam itu juga menandai komitmen mengenai pemanfaatan dan pengelolaan DAS nan berkepanjangan di masa mendatang. Terdapat 9 perusahaan pertambangan dan daya nan menandatangani Piagam Menoreh, dengan VP Pengelolaan Lingkungan & Penunjang Tambang, Amarudin, sebagai perwakilan PTBA.

"Kolaborasi multipihak ini adalah bentuk komitmen PTBA untuk pembangunan nan berkepanjangan dalam mengawal masa transisi setelah proses penanaman, dilanjutkan dengan penguatan kapabilitas masyarakat dalam pengolahan pascapanen hingga pemasaran produk, terutama pasar digital, sehingga masyarakat lebih siap menghadapi tantangan ke depan," kata Amarudin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada saat bersamaan, PTBA juga ambil peran dalam penandatanganan Komitmen Multi Pihak "Collaboration for Sustainability" nan bermaksud meningkatkan pemberdayaan masyarakat demi keberlanjutan pemanfaatan dan pengelolaan hasil reklamasi rimba dan rehabilitasi DAS menyusul serah terima kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kawasan Bukit Menoreh.

Kolaborasi multi pihak itu mencakup beragam pelatihan, termasuk budidaya tanaman agroforestry, penanganan pascapanen, pengarahan teknis pengelolaan agrowisata tanaman buah, peningkatan mutu hasil panen, manajemen keuangan, pengolahan produk turunan, digital marketing, dan pemasaran hasil sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat hingga penguatan kelembagaan KTH.

Amarudin selaku perwakilan PTBA juga menyerahkan secara simbolis support kepada 19 campuran golongan tani. Bantuan itu terdiri dari pompa air submersible, pompa air listrik, sprayer elektrik, pupuk, biofloc, toren air, selang dan pipa, hydrogel, serta support air bersih sebanyak 35 ribu liter.

Dyah Murtiningsih dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan minta agar rehabilitasi DAS di Kawasan Bukit Menoreh dapat menjadi tolok ukur penyelenggaraan rehabilitasi DAS nasional.

Terlebih, mengenai upaya keberlanjutan pengelolaan area reklamasi dan rehabilitasi melalui penguatan kelembagaan Kelompok Tani rimba dan desa. KLHK juga memfasilitasi pertemuan produsen dengan konsumen guna meyakinkan masyarakat dalam memasarkan hasil-hasil rehabilitasi DAS.

"Festival Collaboration for Sustainability di area Menoreh menjadi salah satu corak pembelajaran untuk meningkatkan exposure sungguh pentingnya kerjasama multipihak dengan memaksimalkan keterlibatan para pihak untuk keberlanjutan reklamasi rimba dan rehabilitasi DAS," kata Dyah.

Sebagai informasi, sejak 2021 PTBA serta dalam Kegiatan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 344 hektare di Kawasan Bukit Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta nan sesuai dengan SK Rehabilitasi DAS dari KLHK.

Adapun peran serta tersebut merupakan bagian tanggungjawab PTBA sebagai perusahaan pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com