Program Pemberdayaan Pertamina UMK Academy Raih Penghargaan MECA 2024

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan Marketeers Editor's Choice Award (MECA) untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 kategori SME Enabler Program of The Years, belum lama ini. New UMK Academy 2024 merupakan pengembangan dari UMK Academy nan sudah dijalankan Pertamina selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor's Choice Award adalah arena penghargaan nan mengkurasi beragam terobosan imajinatif dan inovatif di bumi pemasaran oleh beragam merek dalam 1 tahun terakhir.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan apresiasi atas penghargaan tersebut. Fadjar menyebut penghargaan ini sebagai bukti bahwa Pertamina sebagai perusahaan daya nasional tak hanya berfokus pada bisnis, namun juga berkedudukan aktif memberdayakan UMK nan merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun program nan pada 2024 mengusung tagline "Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju" ini dirancang mendorong penemuan dan produktivitas para pelaku UMK, mulai produksi hingga pemasaran. Sehingga, UMK bisa naik kelas lebih sigap ke tingkat internasional.

"Kami sangat berterima kasih dan berterima kasih atas penghargaan nan diberikan. Penghargaan ini memacu kami untuk terus berkontribusi dalam mencetak UMK tangguh, berkualitas, inovatif dan mandiri," kata Fadjar.

CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, Iwan Setiawan menyatakan bahwa Dewan Editor Marketeers menilai format baru nan dihadirkan Pertamina UMK Academy 2024 sebagai penemuan program pembinaan nan mendukung penyesuaian pelaku UMK terhadap perkembangan bumi pemasaran.

Pelatihan nan diberikan Pertamina UMK Academy dinilai mendorong UMK agar terbiasa memanfaatkan teknologi digital nan dikemas melalui gamifikasi. Selain itu, UMK Academy merupakan program nan berkepanjangan dengan jangkauan peserta nan luas, serta memberikan akibat nyata bagi masyarakat.

Bagi Iwan Setiawan, kehadiran UMK Academy menjadi upaya Pertamina mendukung dan mempersiapkan UMK untuk bersaing di tengah kejuaraan dengan kondisi pasar nan menantang.

"Terobosan-terobosan tersebut menjadi brand story nan layak untuk disebarluaskan. Brand story nan kuat mempunyai dua komponen pokok, ialah penemuan dan inspirasi," kata Iwan.

Pertamina UMK Academy untuk UKM Indonesia

Pertamina UMK Academy adalah program pembinaan, pelatihan, dan pendampingan nan dilakukan secara terstruktur, berjenjang, terintegrasi dan berkepanjangan dari beragam wilayah di Indonesia dengan kurikulum pengembangan utama mencakup konsep Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global nan mengintegrasikan prinsip Go Green dalam tiap program.

Dilaksanakan sejak 2020, antusiasme pelaku UMK terus meningkat setiap tahun. Sebanyak 8.500 UMK di seluruh Indonesia mendaftarkan diri pada 2024, menjaring 1.686 UMK pilihan sebagai peserta program Pertamina UMK Academy.

Kemudian, Pertamina juga menyiapkan pembinaan lanjutan program UMK Academy berupa Pertapreneur Aggregator, ialah program kerjasama antara UMKM bimbingan nan membina UMKM lain melalui jejaring kerjasama antar-UMKM di sekitarnya.

Fadjar menegaskan, Pertamina bakal terus mengadakan penemuan untuk meningkatkan nilai dan faedah nan bisa diperoleh pelaku UMK dari program ini.

"Dengan pendampingan intensif diharapkan para peserta UMK Academy bakal semakin sukses, mulai dari peningkatan jumlah pegawai, kapabilitas produksi, omzet, pelibatan masyarakat sekitar nan lebih banyak, memperoleh sertifikat nasional dan internasional serta menembus pasar global," ujar Fadjar.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com