Prediksi Final Liga Champions Dortmund vs Real Madrid: Duel Goliath vs David

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Final Liga Champions 2023/2024 bakal mempertemukan kuda hitam Borussia Dortmund melawan Real Madrid di Stadion Wembley pada Minggu (2/6/2024) awal hari WIB. Pertandingan final ini bak duel Goliath melawan David.

Real Madrid begitu diunggulkan bakal menjadi juara Liga Champions untuk ke-15 kalinya. Los Blancos merupakan tim nan paling sering juara di Liga Champions. Mereka juga punya materi pemain bertabur bintang.

Sedangkan Borussia Dortmund baru tiga kali berkompetensi di final Liga Champions dengan sekali juara dan satu kali menjadi runner-up. Lolosnya Dortmund ke final musim ini juga sangat mengejutkan. Mereka tidak difavoritkan apalagi sejak fase grup dimana Marco Reus dan kawan-kawan masuk grup neraka.

Performa kedua tim di liga domestik juga berbanding terbalik. Real Madrid begitu perkasa dan sukses menjadi juara di LaLiga. Sedangkan pasukan Edin Terzic ini kudu menerima nasib finis di posisi kelima.

Dortmund juga punya kenangan jelek di Stadion Wembley. Pada final Liga Champions terakhirnya di tahun 2013, Dortmund kalah 1-2 dari rival kekal di Bundesliga, Bayern Munchen, berkah gol menit akhir winger Arjen Robben.

Di skuad Dortmund saat ini tetap bercokol dua pemain nan ikut merasakan pahitnya kekalahan dari Munchen di final Liga Champions 2013 ialah Reus dan bek tengah Mats Hummels.

Menariknya di skuad Madrid saat ini, ada dua pemain Munchen nan ikut mengalahkan Dortmund di final 2013, gelandang Toni Kroos dan bek David Alaba. Tapi nama terakhir tidak bakal turun di final lantaran tetap cedera ACL.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Faktor Kroos dan Bellingham

Kroos bakal berambisi mengalahkan Dortmund di Final Liga Champions untuk kedua kalinya. Pasalnya laga di Wembley ini bakal menjadi penampilan terakhir Kroos berbareng Madrid. Dia sudah memastikan bakal pensiun setelah selesai memihak timnas Jerman di Piala Eropa 2024.

Para pemain Real Madrid juga bakal termotivasi untuk memberikan bingkisan perpisahan kepada Kroos berupa trofi Liga Champions ke-15 bagi Los Blancos.

Real Madrid juga punya senjata pamungkas untuk mengalahkan Dortmund dalam diri Jude Bellingham. Pemain Inggris ini tentu saja sudah mengetahui kelemahan pertahanan Dortmund lantaran musim lampau tetap memperkuat klub Jerman tersebut.

Rekor pertemuan juga memihak Real Madrid. Dortmund hanya menang tiga kali, sedangkan Real Madrid meraih enam kemenangan. Dua pertemuan terakhir di Liga Champions juga dimenangi Real Madrid pada musim 2017-2018.

Reus Siap Buat Kejutan

Pada partai final nanti, Dortmund sedikit diuntungkan dengan kebugaran pemain. Real Madrid tidak bakal bisa diperkuat gelandang Aurelien Tchouameni lantaran belum sembuh dari pemulihan cedera kaki. Eduardo Camavinga nan bakal menggantikan sebagai starter.

Di kubu Dortmund, para pemain kunci bisa diturunkan semuanya oleh Terzic. Striker persediaan Sebastien Haller juga sudah bisa turun lagi. Haller bakal dimainkan di babak kedua. Niclas Fullkrug nan menjadi starter di lini depan.

Meski tak diunggulkan, Dortmund siap membikin kejutan. Reus mengaku di atas lapangan semua bisa terjadi. "Jelas, Real diunggulkan. Tapi saya tak peduli, lantaran status favorit tak menentukan siapa nan bakal memenangkan pertandingan," ujar Reus seperti diwartakan TNT Sports.

"Kedua tim bakal mempersiapkan diri dengan baik, lampau semuanya berjuntai pada penampilan di hari tersebut. Kemenangan ditentukan banyak hal: kemauan, kebugaran, lagipula laga kelak bisa melangkah lebih dari 90 menit. Kami jelas sangat, sangat fit. Kami mempunyai tekad nan sangat kuat untuk memenangkan final. Dalam 10 tahun terakhir, Real telah berada di final lima alias enam kali dan belum pernah kalah di final tersebut - waktunya bagi kami untuk melakukannya," tegas Reus.

Prakiraan Susunan Pemain Dortmund vs Real Madrid

Borussia Dortmund: Kobel; Ryerson, Hummels, Schlotterbeck, Maatsen; Sabitzer, Can; Sancho, Brandt, Adeyemi; Fullkrug

Real Madrid: Courtois; Carvajal, Rudiger, Nacho, Mendy; Valverde, Camavinga, Kroos; Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga